Jelang Vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Bogor, Dinkes Pantau Lokasi Simulasi

by -

METROPOLITAN.id – Meski program vaksinasi di Kabupaten Bogor dipastikan tertunda hingga Februari mendatang, sejumlah persiapan terus dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab). Pemkab juga berencana menggelar simulasi sebelum vaksin Covid disuntikan untuk warga Bumi Tegar Beriman.

Rencananya, simulasi vaksinasi Covid-19 akan dilakukan di Puskesmas Cimandala, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bogor, Senin (18/1).

Kepala Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular (P3M) Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor, dr Intan Widayati mengatakan, sebelum pelaksanaan simulasi vaksinasi Covid-19, pihaknya melakukan pengecekan terkait kesiapan Puskesmas Cimandala.

Selain itu, pihaknya memastikan tenaga kesehatan yang bertugas di Puskesmas Cimandala sudah menjalani tahapan pelatihan dari Kementerian Kesehatan.

“Hari ini kami melakukan pemeriksaan terhadap kesiapan puskesmas. Karena puskesmas ini ditunjuk Pemkab Bogor sebagai lokasi simulasi vaksinasi Senin nanti. Jadi semua persiapan harus kami pastikan sedari sekarang,” kata Intan, Kamis (14/1).

Baca Juga  Bojonggede Tertinggi Kasus Covid-19, Kini Muncul Klaster Kontrakan

Tak hanya itu, pihaknya juga mengintruksikan kepada tenaga kesehatan yang ada untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat soal vaksinasi ini.

“Kami juga fokus melakukan sosialisasi dan memberikan pemahaman kepada masyarakat soal tujuan, pembekalan, pelaksanaan, syarat dan cara vaksinasi ini. Petugas di sini sudah kami latih untuk bisa memberikan pemahaman kepada masyarakat soal vaksinasi,” ungkapnya.

Secara umum, persiapan di Puskesmas Cimandala disebut sudah baik dan sesuai dengan kebutuhan program vaksinasi.

“Alhamdulillah semuanya sudah oke dan baik, tinggal pelaksanaan vaksinasi saja,” tutupnya. (ogi/b/fin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *