Kades Cipelang Terpilih Siap Dikritik Warga

by -

METROPOLITAN – Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Seren­tak Kabupaten Bogor 2020 di Kecamatan Cijeruk telah dilaks­anakan beberapa waktu lalu. Kegiatan tersebut berlangsung sukses dan damai. Masyarakat telah memilih calon yang di­usungnya. Salah satunya Kiki Sukiwan, kades terpilih di Desa Cipelang, Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor.

Kiki Sukiwan nantinya bak­al dilantik sebagai kades Ci­pelang dengan masa bakti 2021-2026. Ia terpilih sebagai kades setelah sukses menda­patkan raihan suara melebihi empat calon kades lainnya.

Ditemui di kediamannya, Kiki Sukiwan menjelaskan program kerja yang akan di­bawanya selama menjabat sebagai kades. Ia mengaku akan mengajak masyarakat bersama-sama membangun Desa Ci­pelang, dengan cara musya­warah mufakat. Sebab, dengan cara musyawarah semua per­soalan akan selesai dengan baik. “Begitupun program pemdes yang akan dilaksana­kan tak akan lepas dari mu­syawarah,” katanya.

Baca Juga  Gelar Maulid, Pemdes Cipelang Minta Warga Jaga Kerukunan

”Memang proses pembangu­nan di setiap desa tidak mudah. Ini disebabkan beragam ke­inginan dan harapan warga. Keinginan mereka intinya sama, ingin desa mereka ma­ju, baik infrastruktur, keseha­tan, sosial serta pendidikan,” ucapnya.

“Makanya nanti semua ke­inginan warga akan kita tam­pung dan kita musyawarahkan dengan seluruh lembaga desa. Dari musyawarah itu, kita akan pilih secara prioritas yang mana akan kita kedepankan. Setelah sepakat, kita akan aju­kan dan kita laksanakan se­suai hasil musyawarah,” sam­bungnya.

Begitu pula untuk pening­katan ekonomi warga, ia akan memanfaatkan seluruh po­tensi di Desa Cipelang, ter­masuk pariwisata dan masy­arakat sekitar. Sebab, tanpa kerja sama antara masyarakat dengan pemerintah desa, maka ekonomi yang diharap­kan masyarakat tentu akan sia-sia dan kemajuan desa tidak akan pernah terwujud.

Baca Juga  Dorong Ekonomi, Pemdes Cipelang Bangun Jalan Lingkungan

”Saya contohkan pemanfaa­tan pariwisata untuk mening­katkan ekonomi warga, namun tidak akan berjalan apabila infrastrukturnya tidak mema­dai. Maka dari itu, perlu adanya kerja sama semua pihak khu­susnya warga Cipelang, dengan cara bermusyawarah bagai­mana caranya memanfaatkan potensi tersebut agar masyara­kat bisa menikmati potensi wisata tersebut,” tuturnya.

Maka dari itu, tambah dia, segala kritikan atau usulan warga, terutama generasi muda, akan ia terima. Sebab, itu merupakan koreksi atau saran yang perlu ditanggapi. “Kritikan atau saran merupa­kan gagasan atau ide demi kemajuan desa. Jadi, saya minta warga tidak perlu takut mengkritik kami. Sebab, itu akan kita musyawarahkan agar pembangunan di semua sek­tor berjalan lancar sesuai cita-cita warga Desa Cipelang,” tandasnya.(nto/b/rez/py)

Baca Juga  Kades Cipelang Resmi Lantik RT-RW Terpilih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *