Ke Bogor, Mentan Syahrul Yasin Limpo Kepincut Tanaman Janda Bolong

by -298 views
Mentan RI Syahrul Yasin Limpo saat berkunjung ke Pasar Tanaman Hias di BNR Kota Bogor, Minggu (17/1). (Foto:Fadli/Metropolitan)

Saat semua sektor bisnis layu karena pandemi Covid-19, sektor ekonomi kreatif malah melambung tinggi. Mulai dari jual beli cupang sampai tanaman hias.

Laporan : Fadil Novianto

Bahkan seorang Menteri Pertanian (Mantan) Syahrul Yasin Limpo kepincut tanaman janda bolong yang dijual di pasar tanaman hias Minaqu Home Nature di kawasan BNR, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor.

“Paling top itu janda bolong, kecil-kecil begitu harganya bisa Rp100 juta,” kata Syahrul setelah berkeliling Minaqu Home Nature bersama sang istri Ayunsri Syahrul Yasin Limpo dan keluarga, Minggu (17/1).

Syahrul pun menilai kalau tanaman tropis Indonesia yang ada di Minaqu Home Nature memiliki nilai jual yang baik jika mau di ekspor. Maka dari itu, ia pun mengajak milenial agar ikut membudidayakan tanaman-tanaman hias.

Baca Juga  Kota Bogor Nggak Kebagian Kuota Haji 2020

“Oleh karena itu, anak-anak milenial harus kita dorong untuk menghadirkan berbagai tanaman tropis untuk kita ekspor ke luar negeri,” kata mentan.

Sementara, Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A Rachim mengungkapkan bahwa pak menteri sudah beberapa kali mengunjungi pasar tanaman hias di Kota Bogor.

aPsar tanaman hias Kota Bogor yang ada di BNR ini adalah salah satu potensi yang akan dikembangkan sesuai dengan konsepnya yakni menjadikan pasar tanaman hias ini sebagai pasar tanaman hias terbesar di Indonesia.

“Tanaman hias apa yang akan kita dorong terus agar kita mempunyai pasar yang strategis? Ya itu, antara lain adalah tanaman-tanaman yang sifatnya langka, berkarakter dan indah. Itu yang ada di Minaqu Home Nature ini,” tukasnya

Baca Juga  Sdn Cipaku Perumda Rayakan Isra Mikraj

“Kebetulan owner-nya Pak Ade ini sangat konsen membantu Dinas Pertanian Kota Bogor untuk mengembangkan usaha-usaha yang memang nantinya akan bisa menumbuhkan perekonomian dari sisi wisata agro non pangan,” ucap Dedie.

Ke depan, sambung Dedie, pihaknya menginginkan juga ada metode penjualan sebagai alternatif lain misalnya nanti oleh Minaqu ini dibuatkan portal tanaman langka atau tanaman hias yang ada di Kota Bogor, sehingga penjualannya bisa lebih luas lagi bukan hanya untuk Indonesia tetapi bisa merambah ke luar negeri.

CEO Minaqu Home Nature, Ade Wardhana menambahkan, pak menteri berserta rombogan keluarganya kesini. Beliau mengapresiasi tentunya terhadap kemajuan dunia tanaman hias.

“Nanti Ibu menteri insya allah akan mengajak para istri menteri kabinet untuk mengunjungi pasar Minaqu Jungle Fest. Tadi juga beliau banyak tertarik terhadap tanaman-tanaman hias Indonesia dan kaget ada satu tanaman yang mahal,” ujarnya.

Baca Juga  Eddy Soeparno Gelar Sosialisasi Empat Pilar di Taman Kota Bogor

Masih kata Ade, ibu menteri dan ibu Iriana Jokowi akan hadir juga diajak oleh ibu menteri pertanian untuk bisa mengunjungi pasar tanamam hias yang ada di Kota Bogor sebagai destinasi wisata baru.

“Alhamdulillah dukungan dari pak wakil wali kota juga sangat luar biasa yang mudah-mudahan bisa menambah kemajuan untuk Kota Bogor,” pungkasnya.

Sebelum meninggalkan Minaqu Home Nature, rombongan Mentan membeli beberapa tanaman, diantaranya adalah Alocasia Jacklyn Sulawesi.(dil/b/ryn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *