Kemensos Cek Penerima PKH di Kabupaten Bogor

by -

Kementerian Sosial (Kemensos) RI melalui Direktorat Jaminan Sosial Keluarga mengecek langsung penyaluran bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) di Kabupaten Bogor, kemarin. Tim Kemensos mendatangi salah satu Kelompok Penerima Manfaat (KPM) komponen disabilitas di Desa Hambalang, Kecamatan Citeureup.

DIREKTUR Jaminan So­sial Keluarga Kemensos RI, Rachmat Koesnadi, memin­ta agen atau pendamping program PKH maupun pihak bank mengantar langsung bantuan ke rumah KPM komponen disabilitas.

“Kami ingin memastikan bahwa KPM disabilitas berat dalam sisi pencairannya oleh agen maupun pihak bank itu diantarkan ke rumahnya. Mereka tidak mungkin mengambil sendiri, kecuali oleh walinya,” katanya.

Selain PKH, lanjut Rachmat, untuk komponen disabilitas, pihaknya juga menyalurkan bantuan sosial pangan.

Baca Juga  Jalan Ditutup, Warga Demo Pengembang Metland

Menurutnya, saat ini KPM disabilitas di seluruh pelosok negeri masih sangat banyak. Kemensos sendiri saat ini hanya memberikan program bantuan tersebut sebanyak satu KPM dalam masing-masing keluarga.

Sementara itu, salah satu rumah yang dikunjunginya di Kampung Cikalahalang, Desa Hambalang, Kecama­tan Citeureup, terdapat dua penyandang disabilitas da­lam satu keluarga.

“Kalau melihat ke lapangan begini mungkin kami akan evaluasi kembali, apakah nanti perlu ditambahkan. Karena waktu di Purwakar­ta demikian juga, dalam satu keluarga ada penyandang disabilitas,” tutur Rachmat.

Di tempat yang sama, kelu­arga KPM disablitas, Ubed, mengaku memiliki dua anak yang mengalami disabilitas. Selama ini ia hanya mene­rima satu program PKH un­tuk satu anaknya.

Baca Juga  Kemensos Cek Ulang Korban Lansia di Cigudeg 

“Terima kasih untuk pe­merintah yang telah mem­bantu kami.

Saya dan keluarga hanya berharap kedua anak saya dapat bantuan PKH,” harap­nya. (cok/rb/els/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *