Kementerian BUMN bakal Merger 3 Bank Syariah Jadi BSI

by -

METROPOLITAN – Kemen­terian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menyebut Indonesia akan memiliki bank syariah terbesar setelah ke­tiga bank syariah milik BUMN, yakni Bank Syariah Mandiri (BSM), BRI Syariah, dan BNI Syariah akan bergabung men­jadi Bank Syariah Indonesia (BSI).

Deputi Bidang Keuangan dan Manajemen Risiko Ke­menterian BUMN Nawal Nely mengatakan, pengga­bungan itu dapat memper­luas pangsa pasar perbankan syariah di Indonesia saat ini. Selain itu, berpotensi dapat bersaing dengan bank sya­riah seara global.

Bahkan, Nawal menyebut dengan penggabungan ini harapannya Bank Syariah Tanah Air dapat sejajar dengan perbankan negara Islam hingga menduduki ranking tujuh atau delapan berda­sarkan aset. Selain itu, BSI juga akan menjadi salah satu dari sepuluh top global Islamic bank di dunia.

Baca Juga  Anak Buah Terjerat Korupsi

“Bisa dijajarkan dengan Al Rayan Bank, Kuwait Finance House bank di Qatar dan Arab Saudi,” ungkapnya dalam konferensi pers secara vir­tual, Selasa (19/1).

Menurutnya, penggabung­an bank syariah ini tidak tak hanya punya potensi berda­sarkan skala pasar namun juga dari sisi kemampuan ekonomi. Sebab, efisiensi bi­aya terhadap pendapatan rasio biaya secara kolektif akan membaik jika operasional skala aset disatukan.

Nawal menambahkan, kon­solidasi perbankan syariah ini juga akan mendorong in­vestasi teknologi, produk development, investment, dan tata kelola perusahaan yang bisa merealisasikan kemam­puan ekonomi untuk nasabah perbankan syariah.

Keuntungannya, dari peng­gabungan bank syariah ini akan memiliki 1.200 kantor cabang yang tersebar dari Sabang sampai Merauke dan lebih efisien. Kemudian 20 karyawan yang sudah be­kerja akan menjadi champion untuk islamic banking.

Baca Juga  Mojang Cantik Ini Apresiasi Langkah Jokowi Kaji Ulang Harga Avtur

“Kita juga memiliki hasil penggabungan aset Rp1.200 triliun dan DPK Rp189 triliun. Jumlah ini harapannya laya­nan BSI kepada nasabah akan lebih baik,” ucapnya.

Selanjutnya, tahun ini pro­ses konsolidasi mulai dijalan­kan. Ke depannya sinergi mulai terasa dan bank sya­riah bisa menjaga relevansi, nasabah, sampai governance. (feb/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *