Kota Bogor Tunjuk Hotel Bogor Valley Jadi Fasilitas Isolasi Pasien Covid-19?

by -
Hotel Bogor Valley dikabarkan bakal jadi pusat isolasi pasien Covid-19.(Foto:Varel/Magang-Metropolitan)

METROPOLITAN.id – Rencana Pemerintah Kota Bogor untuk mencari hotel untuk dijadikan tempat isolasi pasien Covid-19 dengan status Orang Tanpa Gejala (OTG), kembali menemukan titik terang. Kini Hotel Bogor Valley dikabarkan bakal menjadi lokasi untuk menampung pasien Covid-19.

Menanggapi hal itu, Wakil Wali Kota Bogor Dedie Rachim mengaku pihaknya masih melakukan kajian terhadap rencana tersebut, salah satunya karena lokasi yang berdekatan dengan apartemen Bogor Valley.

“Belum pasti. Masih dikaji karena kedekatan dengan apartmen,” kata Dedie kepada Metropolitan.id, Minggu (17/1).

Meski sudah membangun pembicaraan dengan pihak hotel melalui Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kota Bogor, Dedie menyebur masih ada pertimbangan khusus untuk menunjuk hotel sebagai tempat isolasi pasien Covid-19.

“Semua hotel sudah komunikasi lewat PHRI. Tapi permasalahannya itu banyak, terkait managemen gedung, sirkulasi udara, tenaga pelayan, kitchen dan pengelolaan limbah medis. Sehingga perlu pertimbangan-pertimbangan khusus,” ungkapnya.

Baca Juga  Bima Sambangi Warga, Beri Sembako Dan Rtlh

Sementara itu, Penanggung jawab RS Lapangan Kota Bogor Ari Priyono, mengungkapkan bahwa Hotel Bogor Valley rencananya diproyeksikan untuk pasien Covid-19 dengan kategori OTG.

“Disini (RS Lapangan, red) ada command center yang akan menyambungkan, RS Lapangan, RSUD Kota Bogor dan Hotel Bogor Valley. Jadi nanti perputaran pasien bisa diskemakan dengan baik. Disini khusus hijau dan kuning, kalau keadaan memburuk maka akan dilarikan ke RSUD Kota Bogor, karena kita punya Ambulance yang standby 24 jam,” papar Ari.

Khusus untuk hotel Bogor Valley, sambung Ari, rencananya akan digunakan untuk pasien dengan kategori OTG. Hanya saja, pengoperasiannya baru bisa dilaksanakan pada 24 Januari nanti.

Baca Juga  Kumuh, Sampah Sterofoam dan Plastik Menumpuk di Depan Kantor Disdik

“Tapi kita sudah deal dengan Bogor Valley. Jadi nanti disana khusus pasien OTG,” pungkasnya. (dil/c/ryn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *