Libur Panjang, 1,2 Juta Kendaraan Tinggalkan Jakarta

by -

METROPOLITAN.id – PT Jasa Marga (Persero) Tbk mencatat sebanyak 1,2 juta kendaraan meninggalkan Jakarta pada libur panjang Natal dan tahun baru. Diprediksi, puncak arus balik kendaaraan menuju Jakarta bakal terjadi hari ini, Minggu (3/1).

Marketing & Communication Department Head Jasamarga Metropolitan Tollroad Regional, Irra Susiyanti mengatakan, angka tersebut merupakan kumulatif dari beberapa gerbang tol. Di antaranya dari arah barat gerbang tol Cikupa sebesar 21,2 persen, dari arah selatan gerbang tol Ciawi 22,4 persen, dan dari gerbang tol Cikampek Utama dan Kalihurip Utama dari arah timur 56,4 persen.

Pihaknya memprediksi, pada puncak arus balik libur tahun baru yang jatuh pada hari ini kemungkinan kendaaraan yang bakal kembali menuju Jakarta sekitar 137 ribu kendaraan hingga 205 ribu kendaraan.

Baca Juga  Menhan Prabowo Masih Belanja Masalah, Rapat Perdana dengan DPR

“Prediksi untuk jumlah kendaraan yang kembali ke Jakarta pada hari ini adalah sebanyak 205 ribu kendaraan, naik 18,5% jika dibandingkan dengan lalu lintas (lalin) new normal. Tapi itu masih prediksi, kemungkinan penambahan masih sangat mungkin terjadi,” kata Irra, Minggu (3/1)

Untuk mengantisipasi potensi kepadatan di jalan tol, Jasa Marga mengimbau agar pengguna jalan dapat mengatur waktu perjalanan kembali ke Jakarta.

Jasa Marga terus berkoordinasi dengan pihak kepolisian untuk memberlakukan rekayasa lalu lintas, seperti contraflow dan penempatan petugas di lokasi rawan kepadatan.

“Kami juga sudah berkoordinasi dengan pihak kepolisian untuk memberlakukan sejumlah tindakan terukur demi mencegah kepadatan arus lalu lintas di sejumlah ruas jalan tol,” pungkasnya. (ogi/b/fin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *