Masuk Jakarta, Penumpang Dibatasi 50 Persen

by -
(DERY RIDWANSAH/JAWAPOS.COM)

METROPOLITAN – Jumlah penumpang mobil dibatasi menyusul keputusan Gubernur Jakarta Anies Baswedan mem­perketat Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB DKI Jakarta selama pandemi Co­vid-19. PSBB DKI Jakarta dip­erketat pada 11 hingga 25 Ja­nuari 2021. ”Dan bisa diper­panjang,” kata Anies.

Menurutnya, pengetatan ini dilakukan agar jumlah pen­derita Covid-19 di DKI Jakar­ta dikurangi. Kasus Covid-19 di ibu kota mencapai 17.383. Detail pengetatan PSBB DKI Jakarta di perkantoran, jam operasional restoran dan pu­sat perbelanjaan hingga jam operasional mobil transpor­tasi umum sesuai Peraturan Gubernur DKI Nomor 3 Tahun 2021.

Operasional taksi online mengikuti ketentuan pemba­tasan di transportasi umum dan perseorangan, sesuai Pa­sal 24 Ayat 4 Pergub Nomor 3 Tahun 2021. Bunyi aturan tersebut, kapasitas angkut mobil penumpang, bus serta angkutan perairan dan perke­retaapian maksimal 50 persen dari kapasitas.

Baca Juga  Peluncuran Harga Resmi Avanza 2019

Gubernur Anies juga me­nyebutkan, selama PSBB DKI Jakarta kapasitas angkut pe­numpang pada mobil barang paling banyak dua orang per baris kursi. Pelanggar aturan PSBB DKI Jakarta akan dikena­kan sanksi denda Rp50 juta. Jika pelanggaran diulang, sanksinya izin angkut dibeku­kan sementara hingga penca­butan izin.

Anies pun meminta masy­arakat menyalakan alarm ke­waspadaan. “Alarm kewaspa­daan diberlakukan karena pandemi belum usai dan harus tetap menerapkan pola hidup bersih dan sehat dengan selalu menerapkan protokol kesehatan. Semoga angka penyebaran turun, serta kita sampaikan apresiasi untuk PMI DKI Jakarta,” kata Anies.

Dalam kesempatan itu, Anies sekaligus melepas tim spraying disinfektan massal yang akan melakukan penyemprotan cairan disinfektan di 44 wi­layah kecamatan yang ada di ibu kota. “PMI sudah mela­kukan yang terbaik dalam membantu pemerintah dengan menggerakkan masyarakat melakukan disinfeksi di pe­mukiman, perkantoran, sara­na pendidikan dan fasilitas sosial serta fasilitas umum lainnya. Jangan anggap tugas ini ringan dan enteng, tapi ini adalah tugas besar dan mulia. Kita minta jaga stamina, fisik dan mental rekan semuanya,” katanya. (tem/bis/els/py)

Baca Juga  Striker Legenda Inggris di Jakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *