Pembelajaran Tatap Muka Batal, Kota Bogor Perpanjang Program Wifi Publik

by -
ILUSTRASI : Siswa saat pembelajaran jarak jauh pada tahun lalu. Kota Bogor memperpanjang program Wifi Publik lantaran batalnya rencana PTM di awal 2021. (FOTO :Fadil/Metropolitan)

METROPOLITAN.id – Batalnya rencana pembelajaran tatap muka di Kota Bogor pada awal tahun ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor pun mengambil opsi untuk memperpanjang program wifi publik, untuk menunjang Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).

Wakil Wali Kota Bogor, Dedie Rachim, mengungkapkan program wifi publik gratis akan diperpanjang hingga batas waktu yang tidak ditentukan.

“Jadi kita mengambil opsi untuk memperpanjang wifi publik gratis untuk menunjang PJJ,” katanya Selasa (5/1).

Ia menambahkan, anggaran yang akan digunakan untuk menunjang wifi publik gratis itu akan disesuaikan dengan pelaksanaan pada tahun sebelumnya.

“Untuk anggarannya kurang lebih sama seperti tahun lalu,” ungkapnya.

Terpisah, Kepala Dinas Komunikasi Informasi (Diskominfo) Rahmat Hidayat menerangkan, anggaran untuk perpanjangan program wifi publik selama satu semester membutuhkan biaya sekitar Rp6 miliar.

Baca Juga  Rakor Di Belitung, DAPD Kabupaten Bogor Belajar Depo Arsip

Nantinya, biaya tersebut akan memanfaatkan pos anggaran Biaya Tidak Terduka (BTT) yang sudah disiapkan, yakni Rp34 miliar pada APBD 2021.

“Kalau berkaca ditahun sebelumnya, anggaran yang kita butuhkan sekitar Rp6 miliar untuk satu semester dan itu akan diambil dari BTT,” katanya.

Selain itu, Rahmat juga menerangkan bahwa sebelum memperpanjang penggunaan wifi publik tersebut, pihaknya akan melakukan evaluasi terhadap penggunaan wifi publik pada tahun lalu.

Sebab, agar titik-titik wifi publik yang sudah terpasang bisa digunakan secara maksimal oleh masyarakat.

“Kita akan evaluasi dulu, karena kalau ada titik yang tidak maksimal, ada kemungkinan akam kita pindahkan titiknya,” tandasnya.

Sekadar diketahui saat ini di Kota Bogor ada 797 titik wifi publik gratis yang tersebar di seluruh 68 kelurahan di Kota Bogor. (dil/c/ryn)

Baca Juga  Warga Bogor, Depok dan Tangerang Simak Nih Peringatan Dini BMKG untuk Malam Ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *