RS Lapangan Diresmikan, Pasien Covid-19 Luar Kota Bogor Dijatah 20 Tempat Tidur

by -126 views
Wali Kota Bogor Bima Arya. (Foto:Dok Prokompim Kota Bogor)

METROPOLITAN.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor baru saja meresmikan Rumah Sakit (RS) Lapangan, yang berlokasi di wisma atlet GOR Pajajaran Kota Bogor, Senin (18/1).

Nantinya, dari 64 tempat tidur yang tersedia, 70 persennya diperuntukkan bagi pasien Covid-19 yang merupakan warga Kota Bogor. Sisa 30 persen lainnya atau setara 20 tempat tidur, diperbolehkan bagi pasien Covid-19 warga luar Kota Bogor.

Wali Kota Bogor Bima Arya mengatakan, kondisi Kota Bogor saat ini sudah darurat dan kritis ruangan untuk penanganan pasien Covid-19.

Alhasil, Pemkot Bogor mesti putar otak dalam enyusun skenario untuk situasi suasana terburuk, apabila kasus Covid-19 meningkat tajam.

Hingga akhir tahun kemarin, kata dia, data menunjukan bahwa kasus positif semakin tinggi sehingga harus segera dibangun RS Lapangan.

Baca Juga  UMKM Bogor Kebagian Bantuan Dana Bergulir FIFGROUP

Menurutnya, dengan dana yang dialokasikan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan waktu pembangunan hanya dua minggu, akhirnya RS Lapangan bisa terwujud.

“RS Lapangan ini khusus untuk pasien covid-19 dengan gejala ringan dan memiliki komorbit. Nantinya akan menampung 70 persen bagi warga Kota Bogor dan 30 persen bagi warga luar Kota Bogor,” kata Bima.

Di RS Lapangan ini, sambung dia, pasien akan dirawat sesuai standar RSUD, dimana pasien akan menerima pemeriksaan laboratorium dan PCR.

Sedangkan untuk dokter yang bertugas juga ada ada spesialis paru-paru, penyakit dalam, pisioterapi dan radiologi.

“Disini ada 44 perawat dan 10 dokter spesialis serta 10 dokter umum. Terima kasih kepada BNPB dan Dispora (Dinas Pemuda dan Olahraga, red) yang ikhlas menyerahkan kantornya digunakan untuk RS Lapangan,” paparnya.

Baca Juga  Protokol Kesehatan Diperketat, Polsek di Bogor Wajib Gelar Operasi Yustisi

Peresmian RS Lapangan dihadiri Wali Kota Bogor Bima Arya dan Wakil Wali Kota Dedie A Rachim, Wakil Ketua DPRD Jawa Barat, Achmad Ru’yat, Kepala Pusdiklat PB BNPB Berton Panjaitan yang memewakili Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo untuk meresmikan RS Lapangan Kota Bogor. (ryn)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *