Selamatkan Anak Putus Sekolah, Tumbuhkan Keterampilan Kerja

by -

Hingga saat ini di Kota Bogor masih banyak generasi muda atau anak-anak milenial yang putus sekolah dan belum menyelesaikan pendidikan minimal hingga jenjang SMA/SMK. Itulah yang melatarbelakangi organisasi kepemudaan Youth Hub Bogor untuk membantu anak putus sekolah di Kota Bogor agar mempunyai ijazah pendidikan hingga kompetensi non-pendidikan.

KETUA Youth Hub Bogor, Dini Adzani Gunawan, men­gatakan, Youth Hub Bogor dibentuk kaum muda Bogor yang peduli untuk memban­tu anak putus sekolah. Anak-anak ini bakal difasilitasi untuk menyelesaikan pendi­dikan formal, baik tingkat SD, SMP hingga SMA/SMK.

Selain membantu menyele­saikan pendidikan formal bagi anak putus sekolah, Youth Hub Bogor juga akan mela­kukan kegiatan untuk mening­katkan kompetensi non-formal bagi anak putus sekolah. Di antaranya seperti membuat jejaring wirausaha, pening­katan life skill dan lowongan kerja.

Baca Juga  Mantapkan Solidaritas dan Bangun Sekolah Bermutu

”Kaum muda Bogor tergerak untuk membentuk Youth Hub untuk membantu anak putus sekolah di Kota Bogor bisa melanjutkan pendidikannya. Nanti juga membuat jejaring wirausaha, baik peningkatan lifeskill dan loker,” katanya.

Youth Hub Bogor dengan menggandeng Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) di Kota Bogor membantu mem­fasilitasi anak putus sekolah melalui sekolah non-formal.

Dalam menjaring anak pu­tus sekolah, sambung dia, relawan Youth Hub Bogor menggandeng komunitas kepemudaan di wilayah setiap kelurahan se-Kota Bogor, ke­mudian bermitra dengan aparatur wilayah setempat.

Dini menambahkan, Youth Hub bertujuan mengurangi angka putus sekolah di Kota Bogor. Sehingga angka putus sekolah bisa berkurang dan generasi muda atau milenial memiliki tingkat pendidikan yang bagus.

Baca Juga  SMPN 14 Bogor Juara Umum Pasanggiri Seni Sunda

”Mudah-mudahan gerakkan kita setidaknya bisa mengurangi angka putus sekolah di Kota Bogor. Tingkat pendidikan generasi muda atau milenial kita semakin tinggi, sehingga kualitas Sumber Daya Manu­sia (SDM) generasi muda Kota Bogor juga baik. Punya kualitas dalam bekerja dan mumpuni dalam berwirau­saha,” jelasnya. (ryn/rez/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published.