Syahrul Gunawan Divonis Penjara Seumur Hidup

by -

METROPOLITAN.id – Syahrul Gunawan divonis penjara seumur hidup. Lelaki 35 tahun yang karib disapa Nasrul ini merupakan terdakwa kasus pembunuhan ibu kandungnya sendiri.

Dalam sidang virtual yang digelar di Pengadilan Negeri Lhoksukon, Kabupaten Aceh Utara, Kamis (21/1), Majleis Hakim menyatakan Nasrul terbukti membunuh ibu kandungnya, Fatimah (63).

“Terdakwa terbukti secara sah dan meyakinkan membunuh Fatimah yang tidak lain ibu kandungnya sendiri. Majelis hakim menyatakan terdakwa bersalah melanggar Pasal 340 KUHPidana,” ujar hakim Latiful seperti dikutip dari jpnn.com, Kamis (21/1).

Namun, vonis ini lebih ringan dari tuntutan jaksa penuntut umum (JPU). JPU sendiri menuntut terdakwa dengan hukuman mati. Mendengar amar putusan itu, terdakwa dan JPU Yudi Permana dan Harri Citra Kesuma menyatakan pikir-pikir. Majelis hakim memberikan waktu pikir-pikir kepada JPU dan terdakwa.

“JPU akan melakukan koordinasi terkait putusan yang dibacakan oleh Majelis Hakim Pengadilan Negeri Lhoksukon, mengingat Jaksa Penuntut Umum dalam hal ini menuntut terdakwa dengan hukuman mati,” kata Kepala Kejari Aceh Utara Pipuk Firman Priyadi MH, Kamis.

Baca Juga  Mayat Pria dengan Tangan Terikat Ditemukan Mengapung di Sungai

Sebelumnya, Nasrul yang sehari-hari bekerja sebagai tukang bangunan didakwa membunuh ibu kandungnya, Fatimah, dengan cara menggorok leher. Warga Kecamatan Baktiya, Aceh Utara ini melakukan aksi kejinya di kediamannya di Gampong Meunasah Panton Labu, Kecamatan Tanah Jambo Aye, Aceh Utara, Senin (8/6).

Motif terdakwa melakukan pembunuhan keji tersebut karena masalah uang. awalnya, ia meminta uang sebesar Rp300 ribu kepada sang ibu. namun setelah itu, ia kembali meminta uang untuk membeli rokok senilai Rp20 ribu. namun, sang ibu tak memenuhi permintaan tersebut hingga terjadilah aksi keji tersebut.

Sang ibu diketahui merupakan warga kurang mampu yang tinggal seorang diri di rumah gubuk di Meunasah Panton Labu. Korban sehari-hari mencari sedekah untuk mencukupi kebutuhan hidupnya. (ant/jpnn/fin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *