Tebar Benih Ikan, Ajak Warga Nyebur ke Sungai

by -158 views

Banyaknya sampah di aliran Sungai Ciliwung dan Cibeber mengundang kepedulian berbagai pihak, termasuk Kepala Desa (Kades) Cibeber I, Wanti Susiawati. Bersama warga, Pemdes Cibeber 1, Kecamatan Leuwiliang, gotong-royong bebersih Sungai Ciliwung.

DIAWALI dari Kampung Cadasngampar sampai Kam­pung Gunungtangkil sepan­jang 5 km, kerja bakti bersih-bersih aliran sungai dilaks­anakan. Selain itu, dilanjutkan dengan menebar benih ikan mas dan nila dengan tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes).

“Ini merupakan program desa mengajak warga beber­sih Sungai Cibeber dan Sung­ai Ciliwung dengan cara membersihkan sampah dan diangkat ke daratan, mulai dari sampah dedaunan, plas­tik dan membabat rumput liar di sekitar sungai agar air mengalir lancar,” katanya.

Selain sampah dan rumput liar, sambung kades, pihaknya juga membabat pohon bam­bu yang menghambat aliran sungai agar tak terjadi banjir, mengingat saat ini cuaca se­ring terjadi hujan.

Tak hanya itu, kades Cibeber I juga mengajak warga men­jaga sepanjang aliran air sungai tetap bersih dan mem­biasakan buang sampah pada tempatnya yang sudah disi­apkan tidak buang sampai di sungai.

Baca Juga  Jual Berbagai Macam Ikan, Pembelinya Dari Berbagai Daerah

“Selain bersih-bersih aliran sungai, kita juga mengajak warga peduli sungai dengan tidak membuang sampah ke kali. Selain itu, kita juga mene­bar bibit beni ikan agar ikan agar Sungai Ciliwung asri, ” tukasnya. (ads/b/rez/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *