Transaksi Pakai Dinar, Pasar di Depok Mendadak Viral

by -

METROPOLITAN – Sebuah video menunjukkan proses jual-beli yang dilakukan di pasar Muamalah di wilayah Tanahbaru, Depok, viral di media sosial. Sebab, jual-beli tersebut dilakukan dengan uang asing dinar dan dirham bukan rupiah.

Informasi viral ini dibenarkan Lurah Tanahbaru, Zakky, yang menerima laporan adanya aktivitas jual-beli di salah satu pasar di Jalan Raya Tanah­baru, Beji, Depok, Rabu (27/1) sekitar pukul 15:30 WIB. Tran­saksi dengan uang asing itu dilakukan di sebuah ruko di pasar Muamalah tersebut.

”Untuk aktivitas kegiatan pasar Muamalah memang benar ada. Kegiatan tersebut dilaksanakan hampir setiap Minggu, mulai pukul 07:00 sampai 11:00 WIB,” katanya. Zakky menuturkan, transaksi jual-beli di ruko tersebut tidak menggunakan uang rupiah, melainkan penjual hanya me­nerima mata uang koin dirham dan dinar. ”Yang saya tahu proses pembayaran pada tran­saksi jual-beli di pasar Mua­malah dengan menggunakan koin dinar dan dirham,” ujar­nya.

Zakky mengatakan, pemilik ruko bernama Zaim (60) men­jual sejumlah barang, seperti sandal, parfum hingga madu. Zakky mengaku pernah di­minta pemilik ruko agar tidak terganggu terkait aktivitas jual-beli tersebut. ”Saudara Zaim (pemilik ruko, red) per­nah menyampaikan kepada saya agar jangan merasa ter­ganggu karena setiap hari Minggu di depan ruko ini dia­dakan kegiatan bazar atau pasar Muamalah,” ujarnya.

Baca Juga  Viral, Warga Minta Gerobak Sampah lewat Facebook

Berdasarkan video yang be­redar di media sosial, terlihat sejumlah barang seperti ma­kanan dipamerkan untuk dip­erjualbelikan. Dalam video itu, makanan hingga barang yang dijual dihargai dengan Dirham. Di antaranya seperti brownies dihargai dengan setengah dir­ham, enam roti seharga 1 dirham hingga sandal seharga 2 dirham. Tampak salah satu penjual menunjukkan hasil jual-beli berupa koin emas senilai 1 di­nar dan koin silver senilai 2 dirham. (dtk/els/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *