Warga Binaan Kasus Narkoba Lapas Paledang Dapat Program Rehabilitasi

by -
REHAB : Warga binaan di Lapas Paledang tengah mendapat rehabilitasi. (Foto : Fadil/Metropolitan)

METROPOLITAN.id – Memastikan tidak ada peredaran narkoba dan penggunaan narkoba di dalam Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Paledang, Bogor, program rehabilitasi sosial bagi Warga Binaan (WB) untuk tahun 2021 kembali digelar.

Program rehabilitasi sosial ini diikuti oleh 100 orang WB. Untuk programnya sendiri, kepala Lapas Kelas IIA Paledang Bogor, Yohanes Waskito, menerangkan kalau dibagi menjadi dua sesi. Dimana untuk sesi Januari sampai Juni, diikuti oleh 50 orang WB dan pada Juni hingga Desember diikuti oleh 50 orang WB lainnya.

“Maksud tujuan pemberian rehabilitasi ini disamping warga binaan ini juga diberikan keterampilan yang biasanya pembinaan rohani, pembinaan kepribadian, kini ditambah lagi dengan kegiatan rehab, dimaksudkan agar mereka bisa lebih melupakan atau meninggalkan kebiasaannya,” kata Waskito kepada Metropolitan.id saat ditemui di Lapas Kelas IIA Paledang, Jumat (8/1).

Baca Juga  Hari Ini Saling Damai

Untuk pemilihan 100 orang WB yang mengikuti program rehabilitasi sosial ini, dijelaskan Waskito merupakan para WB yang memiliki latar belakang kasus narkotika.

Lebih lanjut, ia pun menerangkan program rehabilitasi sosial ini didukung oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bogor, Dinas Sosial (Dinsos) Kota Bogor, RS Marzoeki Mahdi, BNN Kabupaten Bogor dan Yayasan Permata Hati Kita.

“Kerjasama tentunya dengan konselor-konselor dan stakeholder yang tentunya terkait dengan kegiatan ini. Mereka semua memberikan materi kepada para WB secara daring,” jelas Waskito.

“”Jadi kami berharap, setiap warga binaan yang masuk sini, setelah keluar pun benar-benar bersih dari narkoba. Mereka tidak lagi terikat dengan dunia hitam itu dan bisa menjalani hidup dengan normal,” pungkasnya. (dil/b/ryn)

Leave a Reply

Your email address will not be published.