Warga Bogor Segera Divaksin Covid-19, Tahap Awal Dijatah 10 Ribu Jiwa

by -

METROPOLITAN.id – Program vaksinasi tahap pertama dari pemerintah pusat direncanakan berlangsung pada Rabu (13/1) mendatang secara serentak di 34 provinsi se-Indonesia. Informasinya, Kabupaten Bogor akan menerima 10 ribu lebih vaksin Covid-19 untuk tahap awal ini.

Juru Bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Bogor, Irwan Purnawan mengatakan, Pemkab Bogor sebetulnya mengajukan jatah vaksin untuk 1,2 juta warga.

Namun hingga saat ini, pihaknya belum mendapatkan informasi resmi soal berapa angka pasti jumlah vaksin yang didapatkan Pemkab Bogor.

“Kami mengajukan vaksin kepada pemerintah pusat sebanyak 1,2 juta. Tapi kami belum tahu berapa jumlah pasti yang akan kami terima. Informasi terakhir, pada tahap pertama ini Pemkab Bogor bakal menerima 10.185 vaksin,” kata Irwan di sela-sela rapat koordinasi secara virtual bersama Kemendagri di Sekretariat Satgas Covid-19 Kabupaten Bogor, Selasa (5/1).

Baca Juga  Vaksin Covid-19 untuk Usia 18+ Berlaku di Jakarta

Dalam rapat tersebut, Irwan mengaku banyak hal yang dibahas soal teknis pelaksanaan program vaksinasi.

Menurutnya, meski pelaksanaan vaksinasi serentak baru akan dimulai pada Rabu (13/1), namun Pemkab Bogor menginginkan program vaksinasi ini dilaksanakan pada Jumat (15/1).

“Rencananya program vaksinasi dari pemerintah pusat bakal dilakukan secara serentak pada Rabu. Nah kami tadi dari pemerintah daerah juga ingin agar vaksinasi ini bisa dilakukan dua hari setelah pemerintah pusat. Tapi ini baru pengajuan pada rapat, belum menjadi keputusan,” terangnya.

Untuk pendistribusian vaksin, Pemkab Bogor rencananya bakal menggunakan 121 fasilitas pelayanan kesehatan (Fasyankes) seperti Puskesmas RSUD hingga rumah sakit swasta yang sudah dipilih Pemkab Bogor.

Baca Juga  Bogor Kesulitan Jangkau Wilayah Pelosok, Bupati Minta Bantuan Luhut untuk Percepat Vaksinasi

“Proses vaksinasi ini akan kami lakukan di 121 fasyankes. Tersebar di 101 puskesmas, 4 RSUD, 7 rumah sakit swasta, 7 klinik swasta dan milik Polri, Rumah Sakit Paru dan Rumah Sakit Angkatan Udara (RSAU) Dr M Hassan Toto,” pungkas Irwan. (ogi/b/fin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *