Warga Dramaga Dapat Sertifikat Tanah Gratis

by -

METROPOLITAN – Pemerin­tah Kabupaten (Pemkab) Bogor dan Kantor Agraria Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Kabu­paten Bogor membagikan 10.700 lembar sertifikat tanah gratis kepada masyarakat Ke­camatan Dramaga. Pemba­gian sertifikat ini diberikan untuk warga di Kecamatan Ciampea.

Wakil Bupati Bogor, Iwan Setiawan, mengatakan, ser­tifikat yang diberikan meru­pakan jatah program Pendaf­taran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) untuk tahun anggaran 2020. Sedangkan untuk 2021 adanya 65.000 yang pemba­giannya akan menyusul. “Iya, masyarakat di dua kecamatan ini akan mendapatkan 65.000 lembar sertifikat tanah gratis,”ujarnya.

Orang nomor dua di Kabu­paten Bogor itu juga memin­ta masyarakat menjaga serti­fikat tanah yang sudah dibe­rikan pemerintah. Ia tak ingin jika sertifikat tersebut disalahgunakan, seperti di­jual untuk memenuhi kebu­tuhan konsumtif.

Baca Juga  Pembangunan Jalan Dramaga Tinggalkan ‘Cinderamata’

”Ingat, jangan dijual ya ibu bapak tanahnya. Sayang itu pemberian dari pemerintah. Jangan digunakan untuk hal-hal yang sifatnya konsumtif, seperti jual tanah untuk beli motor. Sayang, lebih baik di­tabung atau diberikan untuk anak cucu sebagai investasi,” pesannya.

Iwan juga berpesan kepada masyarakat penerima sertifi­kat, daripada sertifikat diguna­kan untuk hal konsumtif lebih baik diwariskan untuk anak cucu. ”Anggap saja ini ta­bungan ibu dan bapak untuk anak atau cucu. Ingat, harga tanah pasti selalu naik, tapi kalau harga mobil, motor, pasti turun. Jadi lebih baik disimpan dengan baik,” pin­tanya.

Selain sertifikasi tanah milik masyarakat, jajarannya dan kantor ATR/BPN Kabupaten Bogor juga akan melakukan pemetaan bidang dan serti­fikasi aset-aset milik Pemkab Bogor. “Kami akan melakukan pemetaan bidang dan pen­sertifikatan aset-aset milik Pemkab Bogor. Agar program ini sukses, maka Pemkab Bo­gor akan memberikan ban­tuan hibah minimal Rp5 mi­lar kepada kantor ATR/BPN Kabupaten Bogor,” terangnya.

Baca Juga  Puskesmas Pasir Ditutup Satu Pekan

Sementara itu, Kepala Kan­tor ATR/BPN Kabupaten Bo­gor, Sepyo Achanto, menga­takan, pemberian sertifikat tanah tersebut merupakan program lanjutan pihaknya pada 2020. ”Ini adalah program lanjutan kami pada 2020,”ka­tanya.

Pada 2021 ini, pihaknya me­nargetkan dapat melakukan sertifikasi tanah sebanyak 65 ribu dengan 80 lebih peta bi­dang tanah di Kabupaten Bogor. ”Semoga target kami tahun ini bisa tercapai dan tidak terjadi kendala,”ujarnya.

Tak hanya itu, pihaknya juga sudah menyiapkan se­jumlah langkah untuk program jangka panjang. ”Kami juga menargetkan hingga 2025 minimal kami bisa melakukan sertifikasi terhadap 2 juta la­han di Kabupaten Bogor,” tutupnya. (ogi/c/in/feb/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published.