Ade Yasin Ajak Masyarakat Sukseskan Program BKKBN

by -

METROPOLITAN – Bupati Bogor Ade Yasin mengajak seluruh masyarakat Kabupa­ten Bogor menyukseskan pendataan keluarga yang dilaksanakan pada 1 April sampai 31 Mei 2021 di seluruh wilayah Kabupaten Bogor.

Ade Yasin menjelaskan data sangat penting dalam perencanaan pembangunan, termasuk data keluarga. Ka­renanya, setiap lima tahun sekali pemerintah melakukan pendataan keluarga yang dilaksanakan Badan Koordi­nasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN).

“Ayo sambut petugas pen­data yang akan datang ke rumah Anda dengan seny­uman yang ramah. Berikan data yang benar, akurat dan jelas dengan tetap mematuhi protokol kesehatan 5 M,” ujar Ade.

Ade Yasin menambahkan, pendataan awal perenca­naan keluarga, pastikan kelu­arga kita terdata untuk Ka­bupaten Bogor termaju, nyaman, dan berkeadaban.

Baca Juga  Damkar Rayakan HUT Perdana

Sementara itu, pendataan keluarga merupakan kegia­tan lima tahunan BKKBN untuk mendapatkan data keluarga Indonesia. Hal itu sesuai Undang-Undang No 52 Tahun 2009 tentang Per­kembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga, yang diperkuat dengan Pe­raturan Pemerintah No 87 Tahun 2014 tentang Per­kembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga, Keluarga Berencana, dan Sistem Informasi Keluarga.

Peraturan tersebut menga­manatkan bahwa dalam men­dukung penyelenggaraan perkembangan Program Kependudukan Keluarga Be­rencana Pembangunan Kelu­arga (KKBPK) diperlukan Data dan Informasi Keluarga yang dikelola dalam Sistem Informasi Keluarga (SIGA). (feb/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *