Buruan Daftar! Kartu Prakerja 12 Terbatas

by -78 views

METROPOLITAN – Pemerintah secara resmi kembali membuka program pelatihan Kartu Prakerja tahun 2021. Kartu Prakerja gelombang 12 itu dibuka langsung Menko Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, kemarin. Dalam virtual conference pembu­kaan gelombang 12 ini, Airlangga menyebut kuota peserta yang disediakan untuk sesi pertama ini yakni sebanyak 600 ribu peserta. ”Gelombang 12 akan dibuka dengan kuota 600 ribu pe­serta. Jadi 600 ribu ini meru­pakan kemampuan tekno­logi dari Kartu Prakerja,” kata Airlangga dalam virtual con­ference, Selasa (23/2).

Secara keseluruhan, total anggaran yang disiapkan un­tuk tahun ini masih sama dengan tahun lalu, yakni se­besar Rp20 triliun. Hanya saja yang berbeda kali ini, program akan dibagi dalam dua semester. Di mana untuk semester pertama tahun 2021 dianggarkan Rp10 triliun.

Baca Juga  Siap-siap, Pendaftaran Kartu Prakerja Dibuka Lagi

Kuota peserta Prakerja untuk semester pertama ini ditarget­kan mencapai 2,7 juta orang. Pendaftaran diharapkan ram­pung hingga akhir Maret 2021. ”Target peserta adalah 2,7 juta, ini diharapkan bisa se­lesai dalam bulan Maret men­datang. Dan target peserta adalah 2,7 juta ini dengan anggaran Rp10 triliun,” ujar Airlangga.

Tiga syarat utama bagi pe­nerima Kartu Prakerja yang tercantum dalam Permenko Nomor 11 Tahun 2020. Yakni Warga Negara Indonesia (WNI) yang dibuktikan dengan Kar­tu Tanda Penduduk (KTP) Berusia minimal 18 tahun tidak sedang mengikuti pen­didikan formal.

Selain itu, Kartu Prakerja juga ditujukan untuk pen­cari kerja, pekerja terkena PHK atau buruh yang membutu­hkan peningkatan kompe­tensi kerja. Artinya, orang yang sudah bekerja pun bisa mendaftar Kartu Prakerja asal memenuhi persyaratan.

Baca Juga  Apa Itu Program Kartu Prakerja? Berikut Syarat dan Cara Daftar Kartu Prakerja

Tujuan untuk meningkatkan kompetensi dalam masa pan­demi Covid-19, Kartu Pra­kerja diprioritaskan bagi pe­kerja atau buruh yang diru­mahkan maupun pelaku usaha mikro dan kecil yang terdampak. Kartu Prakerja juga terbuka bagi lulusan mana pun, baik kampus ung­gulan maupun tidak.

Sebab, hal yang menjadi patokan adalah peningkatan kompetensi kerja dan keah­lian. Bukan penerima bansos Kemensos (DTKS), BSU, BPUM, atau penerima Kartu Prakerja yang sudah mene­rima pada tahun 2020 Bukan TNI/Polri, ASN, Anggota DPR/D, BUMN/D, dan lain­nya.

Meski demikian, prioritas tetap diberikan bagi pada pencari kerja usia muda dan pekerja maupun pelaku usa­ha mikro dan kecil yang ter­dampak Covid-19. Namun, ada beberapa kelompok pe­kerjaan yang tidak bisa mendaftar, yaitu Pejabat ne­gara, pimpinan, dan anggota DPRD, ASN, prajurit TNI, anggota Polri, kepala desa dan perangkat desa, direksi, komisaris, dan dewan peng­awas pada BUMN atau BUMD.

Baca Juga  Kapan Kartu Prakerja Gelombang 13 Dibuka? Berikut Cara Daftar di WWW.PRAKERJA.GO.ID

Bagi yang ingin mendaftar, caranya masuk ke situs www. prakerja.go.id, lalu klik ’Daf­tar’. Masukkan nama lengkap, alamat e-mail, dan kata sandi. Buka e-mail dari Kar­tu Prakerja, dan ikuti petunjuk untuk konfirmasi akun. Se­telah itu, kembali ke situs Prakerja untuk melengkapi data diri Login dengan alamat e-mail dan kata sandi atau password yang telah didaf­tarkan.

Masukkan nomor KTP dan tanggal lahir, lalu klik ’Berikut­nya’. Isi data diri, seperti nama lengkap, alamat email, tempat tinggal, domisili, pendidikan, status kebekerjaan, foto, KTP, dan klik ’Berikutnya’. Masuk­kan nomor telepon dan kode OTP yang dikirimkan melalui SMS. (kum/kom/rez/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *