Dua Bulan Kota Bogor Diterjang 20 Bencana

by -

METROPOLITAN – Pemerin­tah Kota (Pemkot) Bogor mencatat ada 20 bencana alam yang sudah terjadi di Kota Bogor selama 2021. Mulai dari tanah longsor, pohon tumbang, hingga bangunan ambruk.

Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim pun mewanti-wan­ti warga Bogor agar waspada terhadap kemungkinan ben­cana lantaran cuaca buruk diprediksi masih akan terjadi di Kota Bogor.

“Masyarakat Kota Bogor harus mengantisipasi cuaca yang masih belum menentu ini. Potensi bencana masih bisa saja terjadi. Sejauh ini bencana yang paling dominan di Kota Bogor yakni tanah longsor, pergeseran tanah, dan rumah roboh,” katanya usai mendatangi lokasi long­sor yang menimpa tiga rumah di RT 03/12, Ciwaringin, Ke­camatan Bogor Tengah, Senin (22/2).

Baca Juga  BPBD Waspada Potensi Bencana Petir dan Puting Beliung

Karena itu, Dedie mengim­bau masyarakat yang tinggal di bantaran kali atau sungai harus memerhatikan area rawan bencana. Terutama yang diakibatkan vo­lume air yang tinggi, yang bisa berakibat pengikisan pada dinding penahan tanah atau turap.­

Meski begitu, ia mengaku Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor sudah melakukan upaya mitigasi bencana un­tuk melakukan pemetaan lokasi rawan bencana di Kota Bogor.

“Mitigasi itu serangkaian upaya mengurangi risiko. BMKG dengan forecasting atau ramalan cuaca, sedang­kan BPBD (Badan Penang­gulangan Bencana Daerah, red) dengan mengedukasi warga mencegah potensi bencana,” ujar mantan pe­tinggi KPK itu.

Sementara itu, Kepala Pelaks­ana BPBD Kota Bogor Priyat­nasyamsyah membenarkan bahwa puluhan bencana sudah terjadi sejak awal 2021. Pada Jumat dan Sabtu (20/2) lalu saja ada 20 titik bencana yang terjadi di Kota Bogor.

Baca Juga  Parfum Kades Bau Harmoni

“Ada beberapa jenis ben­cana. Mulai dari pohon tumbang, tanah longsor, atap rumah ambruk, tembok jebol, dan bangunan ambruk,” tun­tasnya. (ryn/rez/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *