Duh, Piala Sudirman Ikut Ditunda Juga

by -

METROPOLI­TAN – Piala Su­dirman 2021 resmi ditunda, sehubungan Malaysia Open yang telah mendapatkan jadwal baru. Ke­pastian itu tertu­ang dalam kalen­der turnamen bulutangkis yang telah direvisi BWF di dalam laman­nya.

Dalam kete­rangannya, BWF lebih dulu men­gumumkan soal penundaan sejum­lah turnamen, yaitu Malaysia Open, Malaysia Masters, dan Singapore Open 2021, menyusul Indonesia Open dan Indonesia Masters yang juga terkena dampaknya.

Induk organisasi bulutangkis dunia itu juga sekaligus meng­informasikan soal jadwal ter­baru. Dalam jadwal yang telah direvisi, turnamen Malaysia Open akan digelar 25-30 Mei dari semula 31 Maret-4 April.

Sedangkan Singapore Open 2021 akan digelar 1–6 Juni dari seharusnya 13–18 April. Tapi ternyata perubahan itu secara otomatis juga berdam­pak pada jadwal turnamen lainnya. Piala Sudirman 2021 salah satunya.

Kejuaraan beregu itu seha­rusnya berlangsung 23-30 Mei. Tapi karena bentrok dengan Malaysia Open (setelah dila­kukan perubahan tanggal) maka otomatis ajang itu dit­unda.

Baca Juga  ’Over Pede Tak Sebercanda Itu’

Mengonfirmasi itu, Kepala bidang Humas dan Media PP PBSI Broto Happy belum bisa berkomentar. Ia masih menunggu informasi dari Kepala bidang Luar Negeri Bambang Roedyanto yang saat ini tengah berada di To­kyo, Jepang. ”Nunggu ya so­alnya saya harus tanya bidang luar negeri dulu untuk me­mastikan kebenarannya,” kata Broto.

Sebagai gambaran, peruba­han jadwal turnamen terjadi karena pandemi Covid-19 yang belum kunjung mereda. Alha­sil, BWF harus bisa menyesu­aikan dengan kondisi tuan rumah dan perkembangan pandemi yang terjadi secara global.

Piala Sudirman atau turnamen bulutangkis beregu campuran dua tahunan ini terakhir kali berlangsung di China. Saat itu, tuan rumah keluar sebagai juara setelah mengalahkan Jepang 3-0 di partai final 2019. Sementara Indonesia keluar sebagai semifinalis bersama Thailand.

Baca Juga  ’Over Pede Tak Sebercanda Itu’

Merah-Putih terakhir kali berhasil menyabet gelar juara pada 1989, yang mana Indo­nesia menjadi tuan rumahnya. Saat itu, Indonesia berhasil mengalahkan Korea Selatan 3-2. (dtk/mam/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *