Hari Ini Pendaftaran SNMPTN 2021 Dibuka

by -

METROPOLITAN – Pendaf­taran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau SNMPTN 2021 akan dibuka hari ini (Senin, 15/2) pukul 15:00 WIB. Sementara pendaf­taran akan ditutup pada Rabu (24/2).

Untuk mendaftar, calon ma­hasiswa yang sudah memi­liki akun di Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), akunnya sudah permanen, termasuk yang dinyatakan eligible oleh se­kolah dan memiliki nilai yang lengkap harus memperhatikan tahapan pendaftaran.

Pertama, siswa melakukan login di portal LTMPT dengan memasukkan email dan pass­word yang didaftarkan. Jika memenuhi syarat mendaftar SNMPTN akan muncul tam­pilan login. Jika tidak me­menuhi syarat, akan muncul pesan ”Mohon maaf, Anda tidak berhak mengikuti SNMPTN 2021. Silakan mengikuti SBMPTN 2021”.

Kedua, siswa mengisi kelen­gkapan data orang tua pada halaman Profil. Setelah selesai mengisi, klik tombol Simpan. Jika berhasil akan muncul no­tifikasi: Berhasil Menyimpan Kelengkapan Data.

Baca Juga  Mendikbud Buka O2SN Dengan Pantun

Ketiga, siswa mengisi pilihan prodi (program studi) pada halaman Pilihan. Pilih salah satu Perguruan Tinggi Ne­geri atau Politeknik Negeri dari daftar yang disediakan. Setelah itu muncul daftar prodi yang bisa dipilih. Setiap siswa dapat memilih dua pro­gram studi dari satu PTN/ Politeknik Negeri atau 2 PTN/ Politeknik Negeri.

Jika memilih dua prodi, sa­lah satu harus berada di PTN/ Politeknik Negeri pada pro­vinsi yang sama dengan SMA/ MA/SMK asalnya. Jika memi­lih satu prodi, dapat memilih PTN/Politeknik Negeri yang berada di provinsi manapun. Disarankan tidak lintas minat (tergantung ketentuan PTN/ Politeknik Negeri yang dituju). Jika sudah memilih prodi, klik Simpan Semua Pilihan.

Keempat, siswa mengisi portofolio pada halaman Por­tofolio, jika prodi yang dipilih mensyaratkan adanya doku­men portofolio. Jika tidak disyaratkan adanya dokumen portofolio, halaman tersebut tidak perlu diisi.

Baca Juga  Guruhawan Penyambung Silaturahmi Guru se-Kota Bogor

Kelima, siswa mengisi pre­stasi pada halaman Prestasi. Isian di halaman tersebut tidak wajib ada. Namun, siswa di­persilakan mengisi prestasi sesuai bidang dan tingkat prestasi yang disyaratkan masing-masing pilihan di kolomnya.

Keenam, siswa melakukan finalisasi pada halaman Fi­nalisasi jika semua isian data sudah diyakini benar. Setelah melakukan finalisasi, isian data tidak dapat dibatalkan dan tidak bisa diubah dengan alasan apapun.

Jika sudah yakin benar, be­rikan ceklist pada pernyataan persetujuan ”Saya setuju untuk finalisasi”. Kemudian pilih fi­nalisasi, maka akan muncul pop-up persetujuan. Jika sudah yakin benar, tampilah halaman finalisasi akan berubah dengan adanya keterangan tanggal dan waktu dinalisasi yang sudah dilakukan.

Ketujuh, siswa mengunduh dan mencetak kartu regist­rasi. Kartu registrasi yang diunduh adalah kartu untuk pendaftaran SNMPTN. Sete­lah mengunduh, maka taha­pan pendaftaran SNMPTN oleh siswa telah selesai. Hasil SNMPTN 2021 akan diumum­kan pada 22 Maret 2021.(tem/ rez/py)

Baca Juga  Himpaudi Wajib Sajikan Materi dengan Cara Menarik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *