Jelang All England, Praveen/Melati Tingkatkan Pertahanan

by -

METROPOLITAN – Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavi­anti diharapkan bisa mem­pertahankan gelar juara di All England 2021. Tim pe­latih pun mempersiapkan hal ini. PBSI hanya mengirimkan satu wakil nomor gan­da campuran di Bi rmingham pada 17-21 Ma­ret mendatang. Pasangan itu Pra­veen/Melati. Pan­demi Corona memaksa induk organisasi bulutangkis na­sional itu untuk menarik keikutsertaan pasangan lain­nya di All England. Khususnya mereka yang lebih dulu ber­laga di Swiss Open.

Sebagai unggulan pertama dan berstatus juara bertahan, Praveen/Melati lantas diha­rapkan untuk mempertahan­kan gelar juara. Keduanya pun mendapat perhatian khusus untuk memenuhi harapan itu, terutama mengatur beban bertanding di lapangan.

”Praveen saya tak masalah ya. Kalau Melati ini baru naik dan ini harus benar-benar dijaga. Cuma untuk menutu­pi itu kira harus memaksimal­kan fisik mereka supaya me­reka percaya diri,” kata pelatih ganda campuran, Richard Mainaky.

Baca Juga  Ganda Putra Berguguran!

”Terutama kelincahan Me­lati. Nah, itu yang saya bilang kami sedang fokus tingkatkan individunya selama dua pekan ini. Jadi pertahanan Melati kami kuatkan,” jelasnya.

Caranya, Richard mengaku kembali menerapkan program sebelum keduanya juara All England tahun lalu. Melati harus melawan mesin pelon­tar shuttlecock untuk mening­katkan ketahanan individunya.

”Kalau pernah lihat waktu sebelum mereka juara All England (2020), saya kan per­nah kasih program Melati pakai mesin. Nah, itu yang kami coba terapkan kembali,” tuturnya.

Selain ketahanan, faktanya Praveen/Melati juga kerap bermasalah pada komuni­kasi keduanya yang hilang ketika di lapangan. Kondisi itu bahkan terjadi kembali di turnamen seri Thailand Ja­nuari lalu. Seperti yang disam­paikan asisten ganda campu­ran Nova Widianto bahwa Praveen/Melati tidak secair biasanya. Akhirnya hasil yang diperoleh pun tidak maksimal.

Baca Juga  Ternyata Jonatan Memang Berharap Bertemu Axelsen di All England

Merespons masalah non­teknis itu, Richard menga­takan sudah teratasi mena­tap All England 2021. ”Sudah clear 100 persen lebih. Me­mang ganda campuran dari dulu selalu begitu karena satu laki-laki, satu perem­puan. Kalau sudah mepet juara pasti begitu. Tapi ini sudah clear,” ucap Richard. (dtk/mam/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published.