Kasus Covid-19 di Kota Bogor Meningkat, RS Lapangan Hampir Penuh

by -93 views
Varelio-Magang/Metropolitan.

METROPOLITAN.id – Di tengah meningkatnya kasus Covid-19 di Kota Bogor, sejalan dengan menunggunya tingkat keterisian Rumah Sakit (RS) Lapangan Kota Bogor, yang ada di kawasan GOR Pajajaran Kota Bogor.

Menurut Humas dan Sekretariat RS Lapangan Kota Bogor, Armein Sjuhary Rowi, sudah terisi 46 tempat tidur atau bed pasien Covid-19 dari kapasitas saat ini dari 56 tempat tidur yang tersedia.

“Rinciannya, untuk pasien perempuan ada 25 orang yang dirawat dan laki-laki ada 21 orang yang dirawat,” kata Armein, Rabu (10/2).

Semua pasien yang dirawat, sambung dia, berstatus pasien Covid-19 dengan kategori hijah. Dari jumlah itu, 31 orang merupakan warga Kota Bogor, lalu 12 orang pasien warga Kabupaten Bogor dan tiga orang dari luar Bogor.

Sebelumnya, Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto menjelaskan, RS Lapangan Kota Bogor dikhususkan untuk pasien Covid-19 dengan gejala ringan. Serta pasien dengan penyakit bawaan atau komorbid.

Baca Juga  Soal Proyek RS Lapangan Kota Bogor, Kejari : Permohonan Pendampingan Hukum Pengadaan Alkes, Bukan Pekerjaan Fisik

Sebagian besar kapasitas temapt tidur dari RS Lapangan Kota Bogor diperuntukkan untuk warga Kota Bogor.

“Jadi rumah sakit ini khusus untuk pasien Covid-19 dengan gejala ringan, dan dengan komorbid. Kapasitasnya 70 persen warga Kota Bogor dan 30 persen untuk luar Kota Bogor,” ujar Bima Arya.

Meski tetap menerima pasien Covid-19 dari di luar Kota Bogor, ia menegaskan RS Lapangan tetap diprioritaskan untuk warga Kota Bogor.

“Karena memang rumah sakit ini tidak bisa dibatasi, tetapi kami ingin warga Kota Bogor diprioritaskan di sini,” pungkasnya. (dil/b/ryn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *