Kemendikbud: UKMPPD Bentuk Perlindungan bagi Masyarakat

by -

METROPOLITAN – Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) Kemendikbud, Nizam, menyebut penyeleng­garaan Uji Kompetensi Maha­siswa Program Profesi Dokter (UKMPPD) bertujuan men­jaga mutu dan kompetensi lulusan pendidikan dokter. Hal itu ia ungkapkan usai meman­tau pelaksanaan UKMPPD di CBT Center Fakultas Kedok­teran Universitas Islam Indo­nesia (UII), baru-baru ini.

Menurut Nizam, menjaga standar kualitas dan kompe­tensi lulusan program pendi­dikan dokter merupakan keniscayaan untuk mewujud­kan layanan kesehatan yang prima. ”Uji kompetensi ini merupakan upaya perlindun­gan pemerintah bagi masy­arakat,” katanya.

Nizam berharap melalui UKMPPD dihasilkan dokter-dokter masa depan sebagai tulang punggung layanan kesehatan di Indonesia. Dia juga mengapresiasi kinerja panitia penyelenggara yang telah menyelenggarakan pelaksanaan CBT UKMPPD gelombang I yang berjalan tertib, sesuai dengan prosedur dan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Baca Juga  Masukan Masyarakat Tentang Buku Pelajaran Bisa Melalui Ini

UKMPPD merupakan ujian yang harus dilalui mahasiswa program profesi dokter sebe­lum dinyatakan layak meny­andang jabatan dokter. UK­MPPD terdiri dari dua fase ujian yaitu Tes berbasis kom­puter (computer based test) dan OSCE (objective structu­red clinical examination).

Pada 2021 ini UKMPPD di­selenggarakan dalam empat periode antara lain pada Fe­bruari, Mei, Agustus dan No­vember.(jpnn/rez/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *