Merawat Kebudayaan Sunda, DAMAS Menggelar Mimitran ke XXIX

by -

METROPOLITAN.id  – Pengurus Cabang (PC) Daya Mahasiswa Sunda (DAMAS) Bogor menggelar Mimitran yang ke XXIX untuk merawat keutuhan budaya Sunda yang semakin hari semakin tergerus oleh zaman.

Mimitran ke XXIX ini berlangsung di Villa Salsabila, Pamijahan, Kabupaten Bogor, dari tanggal 20-21 Februari 2021 dengan diikuti sebanyak 20 peserta dari beberapa Universitas dan Perguruan Tinggi dengan mematuhi protokol kesehatan yang berlaku di Kabupaten Bogor.

Ketua PC DAMAS Bogor, Hasbi Assyidiqi menyampaikan, di zaman yang semakin modern ini semakin banyak masyarakat Indonesia yang luput terhadap suku dan budaya mereka berbagi indentitas dirinya,  terkhusus Suku Sunda.

“Kebudayaan merupakan sebuah identitas seseorang, oleh karenanya, perlu adanya pengakuan dan kebanggaan dari diri kita sendiri untuk selalu merawat dan melestarikan kebudayaan yang telah diwariskan oleh pendahulu-pendahulu kita,” ungkap Hasbi.

Oleh karenanya, lanjut Hasbi, pentingnya peran serta mahasiswa sebagai Guardian of Value untuk menjaga nilai-nilai kebudayaan yang harus dilestarikan oleh masyarakat luas.

Baca Juga  Katak Neon Pertama Ditemukan Di Argentina

“Kita (Mahasiswa) harus menjadi percontohan bagi masyarakat luas khususnya suku Sunda untuk tidak malu memegang teguh dan melestarikan apa-apa yang telah diberikan oleh nenek moyang kita. Karena bagaimanapun, hilangnya Identitas adalah awal mula hilangnya kebangsaan,” ucapnya.

Sebagai informasi, DAMAS merupakan organisasi mahasiswa yang telah diresmikan pada 14 Oktober 1956 di Bandung untuk mempertahankan Budaya Sunda.(yok)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *