Outlook Pertanian 2021 : Sektor Pertanian Jadi Lokomotif Ekonomi Nasional

by -
Rektor IPB Arif Satria

Metropolitan.id – Kementerian Pertanian (Kementan) bersama IPB University kembali mengevaluasi makro pertanian 2020 yang akan menjadi dasar outlook 2021. Dalam evaluasi tersebut dinyatakan bahwa sektor pertanian Indonesia di tengah pandemi Covid-19 ini telah memberikan andil besar dan menopang perekonomian nasional. Bahkan sektor pertanian digadang-gadang menjadi lokomotif ekonomi Indonesia.

Pernyataan tersebut disampaikan Rektor IPB University, Arif Satria usai pertemuan terkait evaluasi makro pertanian 2020 bersama dengan Direktorat Jenderal Tanaman Pangan Kementan di Bogor Jawa Barat, Senin, 22 Februari

Menurutnya pertumbuhan sektor pertanian di sepanjang era pandemi 2020 dinilai berhasil menjadi sektor terkemuka. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik, sektor pertanian pada kuartal IV 2020, tumbuh 2,59 persen secara year on year. Subsektor pendukung utamanya adalah tanaman pangan yakni sebesar 10,47 persen.

Baca Juga  Kolaborasi Ekonomi Dan Infrastruktur Jadi Program Utama

“Saya berharap kondisi seperti ini terus berlanjut pada 2021, dikarenakan sektor teknis lainnya anjlok maka sektor pertanian menjadi penyelamat bagi perburukan resesi ekonomi di kuartal III,” kata Arif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *