Pabrik Bungkus Mi Instan Kebakaran, Rugi Rp1 Miliar

by -

METROPOLITAN – Kebaka­ran melanda pabrik PT Indofood yang berlokasi di Jalan Raya Serang-Bitung, Kecamatan Cikupa, Kabupaten Tangerang, kemarin. Kebakaran tersebut terjadi sekitar pukul 14:00 WIB dan tidak ada korban jiwa.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Tangerang, Kosrudin, menga­takan, bagian gedung yang terbakar merupakan pabrik yang membuat bungkus atau kemasan. ”Di situ pabrik untuk pembungkus indomie-nya gitu, pabrik kemasan Indofood,” katanya.

Kosrudin mengungkapkan, di bangunan pabrik itu terda­pat bahan kimia yang mudah terbakar, seperti tiner hingga cat. Kebakaran terjadi saat pe­gawai sedang bekerja. Mereka kemudian melihat api muncul di bagian ruang penyimpanan barang. ”Mereka (pekerja, red) sudah lihat api saja di belakang. Karena itu penyimpanan ba­rang, jadi nggak ada karyawan kerja di bagian itu,” ujarnya.

Proses pemadaman, sambung Kosrudin, memakan waktu sekitar satu jam. Ada 4 unit mobil damkar dan 20 personel yang dikerahkan. Selama pro­ses pemadaman, petugas juga mesti menggunakan busa un­tuk bisa menjinakkan si jago merah. ”Agak sulit dipadam­kannya, agak sulit, karena dia kalau pakai air saja itu bisa merambat ke mana-mana, makanya tadi kita campur dengan busa,” ujarnya.

Baca Juga  Gas Melon Meledak di Parungkuda, Satu Rumah Rusak

Namun pabrik tersebut me­miliki alat pemadam api ring­an (apar) dan punya proteksi pemadaman yang bagus, se­hingga membantu petugas selama proses pemadaman. ”Dia punya aparnya jalan, dia punya semacam penampung­an air ada semua, kita enak kalau seperti itu, kemudian karyawannya juga sudah dila­tih juga gitu, jadi bisa bantu kita,” tuturnya.

Kosrudin juga memastikan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Namun, kerugian materil akibat keba­karan ini ditaksir sekitar Rp1 miliar. ”(Korban) Nggak ada,” katanya. (cnn/els/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *