Pemerintah RI Beri Bantuan Rp32,1 Miliar untuk Palestina, Menlu Harap Dana Bisa Dicairkan Semester 1 Tahun Ini

by -
Menlu Retno Marsudi. /Twitter Menlu RI

Metropolitan.id – Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi menyebut pemerintah Indonesia berkomitmen memberikan bantuan kepada Palestina.

Komitmen itu disampaikan saat Menlu Retno Marsudi bertemu dengan Menlu Palestina Riyad Al-Maliki di Amman, Yordania pada Rabu, 10 Februari 2021 kemarin.

Dalam pernyataannya itu, Menlu Retno Marsudi mengatakan bahwa pemerintah akan memberikan bantuan sebesar USD2,3 juta atau senilai Rp32,1 miliar kepada Palestina.

Bantuan itu, kata Menlu Retno Marsudi, akan disalurkan melalui berbagai mekanisme secara bilateral maupun lewat Badan Bantuan PPB untuk Pengungsi Palestina (The United Nations Relief and Works Agency for Palestine Refugees in the Near East/UNRWA) dan Komite Internasional Palang Merah (The International Committee of the Red Cross/ICRC).

“Indonesia berkomitmen untuk memberikan US$2,3 juta untuk Palestina melalui berbagai mekanisme secara bilateral maupun melalui UNRWA dan The International Committee of the Red Cross,” kata Retno Marsudi sebagaimana dikutip Pikiranrakyat-Depok.com dari PMJ News pada Kamis 11 Februari 2021.

Baca Juga  Kapolri Soroti Kebijakan Donald Trump

Lebih lanjut, Melu Retno Marsudi menyampaikan pemerintah RI berharap dana bantuan tersebut dapat dipakai untuk penanggulangan Covid-19 di Palestina.

Dia juga menyampaikan, pemerintah juga berharap dana dapat dicairkan di semester pertama tahun ini.

“Dan kami berharap dana bantuan penanggulangan Covid di Palestina bisa dicairkan pada semester I tahun ini,” kata dia.

Selain menyampaikan komitmen bantuan Indoensia, Menlu Retno juga menegaskan kembali bahwa sikap Indonesia tetap teguh mendukung untuk perdamaian Palestina yang dapat dicapai melalui negosiasi dengan Israel.

“Pembicaraan dan negosiasi damai harus dilanjutkan secepatnya, dan Indonesia siap untuk berkontribusi (dalam proses tersebut, red.),” tutur Retno.

Kemudian, dia juga menambahkan bahwa semua pihak harus bekerja keras untuk membuat 2021 sebagai tahun yang baik bagi perdamaian antara Palestina dan Israel.

Baca Juga  Sarana Minim masih Jadi Momok Pelatnas

Atas kunjungan luar negeri yang pertama kali dilakukan Menlu RI ke Yordania itu, yang salah satunya untuk bertemu dengan Menlu Palestina kemudian mendapat pujian.

“Saya tahu ini tidak mudah, terutama di saat pandemi Covid-19 […] tetapi Anda mengambil keberanian dan komitmen untuk berkunjung,” ujar Menlu Al-Maliki sebagaimana dikutip dari ANTARA.

Menyampaikan terima kasih atas dukungan tak henti Indonesia bagi negaranya, Al-Maliki mengatakan bahwa kedua negara akan terus bekerja sama untuk mengembangkan hubungan bilateral serta memajukan perdamaian dan keadilan untuk Palestina.

Sumber : Pikiran rakyat depok.com

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.