Penyaluran BLT-DD Desa Citeko Disoal Warga

by -

METROPOLITAN – Penyalu­ran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) periode Juli, Agustus dan September pada 2020 di Desa Citeko, Kecamatan Cisarua, Kabupa­ten Bogor, menyisakan per­tanyaan warga. Sebab, 267 penerima manfaat BLT-DD di Desa Citeko mayoritas mengaku tidak menerima secara utuh dana tersebut.

”Saya hanya menerima Rp600.000, seharusnya Rp900.000. Alasannya untuk biaya administrasi dan sub­sidi silang bagi warga yang tidak menerima, tapi nggak tahu warga yang mana,” ung­kap seorang warga penerima, Yanti (40), Kamis (25/2).

Bahkan, sambung Yanti, seorang tetangganya yang juga terdaftar sebagai pene­rima manfaat hanya mene­rima Rp200.000. Meski be­gitu, sebagai masyarakat bi­asa dirinya hanya bisa pasrah dan mengucapkan terima kasih kepada pemerintah yang sudah memberikan bantuan. ”Tetangga saya hanya mene­rima Rp200.000, tapi ya gi­mana lagi Pak, sudah dapat bantuan saja Alhamdulillah,” imbuhnya.

Terpisah, tokoh masyarakat setempat, Pepen (51), me­nyebutkan, selain tidak me­ratanya pembagian dana BLT-DD pada 2020 saat ke­pala desa (kades) dijabat pe­jabat sementara (Pjs) yang ditunjuk tingkat kecamatan, banyak program desa yang dipertanyakan.

Baca Juga  Penyaluran Bantuan Covid-19 Desa Sukamulya Rampung, 182 KK Sumringah

”Bukan cuma BLT-DD, pro­gram pengadaan masker dan pengaspalan di RT 01/04 juga tidak dilanjutkan karena ber­masalah. Sisa anggaran peng­aspalan dialihkan ke program lain tanpa melalui Musdesus Perubahan APBDes. Pjs-nya yakni Pak Badrudin dari ke­camatan yang saat ini men­jabat staf pemerintahan di Kecamatan Cisarua,” jelasnya.

Saat dikonfirmasi, mantan pjs Desa Citeko yang saat ini menjabat staf pemerintahan di Kecamatan Cisarua, Bad­rudin, mengaku tidak pernah ngantor sejak beberapa hari. Saat dihubungi via selularnya, dia mengaku dalam kondisi Work From Home (WFH) aki­bat Covid-19. ”Saya lagi ke­giatan luar dan sekarang se­dang WFH,” pungkasnya singkat. (wan/b/suf/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *