Perumda Tirta Pakuan Siap Tambah Pasokan Air di Zona I

by -

METROPOLITAN – Saat ini tingkat kehilangan air di zona 1 cukup tinggi. Berda­sarkan hasil perhitungan Perumda Tirta Pakuan, ke­hilangan airnya mencapai 35 hingga 40 persen.

Direktur Teknik Perumda Tirta Pakuan, Ardani Yusuf, mengungkapkan, saat ini pihaknya tengah memaksi­malkan pemasangan Distrik Meter Area (DMA) yang bisa memetakan titik kebocoran pipa.

”Tahun ini kita fokus mem­perbaiki kehilangan air di zona 1, kehilangannya mencapai 35 sampai 40 persen. Nah, ini sedang kita fokuskan karena ada DMA yang sudah terbangun. Ini nantinya bermanfaat ka­rena kita bisa me­metakan keboco­ran,” beber Ardani kepada Metropolitan, Senin (22/2).

Selain masalah kebocoran, Ardani juga menerangkan ka­lau distribusi air ke zona 1 ma­sih jauh dari kata cukup. Se­hingga perlu ada skema khu­sus agar pelayanan dan distri­busi air tetap terjaga. Sebab, saat ini di zona 1 ada 19 ribu jaringan air yang perlu dialiri. Sedangkan kemampuan Pe­rumda Tirta Pakuan baru be­rada di 160 liter air per detik. Sehingga terdapat kekurangan 75 liter air per detik, jika ingin memenuhi standar pelayanan.

”Kita rencana menambah 20 sampai 25 liter per detik untuk membantu zona 1 dan akan mengurangi wilayah pelayanan dari zona 1 mel­alui Katulampa, tapi itu se­dang kita evaluasi. Artinya, dengan mengurangi beban zona 1 dan ditambah beban Katulampa, maka untuk mengejar 75 L/detik bisa terpenuhi,” pungkasnya.(dil/b/mam/py)

Baca Juga  DPRD Minta Tim UKK Nilai Calon Bos Tirta Pakuan dengan Obyektif

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *