Petugas Siaga Pantau Debit Air di 6 Aliran Sungai

by -
Kondisi aliran Sungai Ciluengsi, Kabupaten Bogor Senin (8/2) siang. Sungai Cileungsi mengalami kenaikan status menjadi siaga seiring debit air yang terus naik akibat curah hujan tinggi di hulu. (Arie-MG/Metropolitan)

METROPOLITAN.id – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor menyiagakan petugas untuk memantau debit air di 6 aliran suangai yang ada di Kabupaten Bogor. Langkah ini dilakukan sebagai bentuk antisipasi bencana banjir karen tingginya intensitas hujan belakangan ini.

Adapun sungai-sungai yang dipantau petugas yakni Sungai Cibeet, Cileungsi, Cikeas, Cisadane, Cianten, Cidurian dan Hulu Sungai Ciliwung.

“Jadi kami melakukan pemantauan dari petugas gabungan yang terdiri dari unsur BPBD dan relawan. Jadi setiap jam debit air kami pantau, makannya alhamdulilah sampai saat ini sekalipun ada luapan belum ada korban jiwa,” ujar Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Bogor, Dede Armansyah, Senin (8/2).

Baca Juga  Komunitas Rama Santuni Yatim dan Dhuafa

Berdasarkan laporan yang diterima pihaknya hingga Senin (8/2) siang, dari enam sungai yang ada di Kabupaten Bogor, ada tiga sungai yang berstatus siaga satu.

“Di antaranya Sungai Cikeas dan Sungai Cileungsi, itu sudah siaga satu. Kalau yang lainnya masih aman,” terangnya.

Untuk mekanisme pemantauan, nantinya setiap petugas yang bersiaga di masing-masing sungai akan melaporkan kondisi debit air secara berkala, yakni setiap satu jam sekali.

“Kalau untuk jumlah petugas yang bersiaga bervariasi, mulai dari 10 sampai 20 orang. Yang pasti kami rangkul semua unsur, baik BPBD maupun relawan. Seperti relawan pramuka dan teman-teman di desa tangguh bencana. Jadi saat ada kenaikan debit air langsung diinformasikan,” tandas Dede.

Baca Juga  Mau Sembako Murah? Ke Polsek Saja

Sebelumnya, warga Kabupaten Bogor diminta mewaspadai kemungkinan terjadinya banjir. Sebab, intensitas hujan di Bumi Tegar Beriman sedang tinggi-tingginya.

Pesan tersebut disampaikan langsung Bupati Bogor Ade Yasin. Seluruh masyarakat diminta waspada, khususnya mereka yang tinggal di bantaran sungai.

“Mengingat intensitas hujan yang semakin tinggi, mengimbau warga yang tinggal di sekitaran Sungai Cileungsi, Sungai Cikeas, Sungai Cidurian, Sungai Cianten, Sungai Cisadane, Sungai Cibeet dan Sungai Ciliwung untuk bersiaga menghadapi banjir,” ujar Bupati Bogor, Ade Yasin, Senin (8/2).

Bagi warga yang membutuhkan bantuan kebencanaan, bisa menghubungi pusat informasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor di nomor 081210109002 atau 021-87914800. (ogi/b/fin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *