Rumpun Hijau Institute Usung Konsep Baru Kontes Tanaman Hias

by -

 

 

METROPOLITAN.ID -Budidaya tanaman hias menjadi salah satu bidang usaha yang tidak terpengaruh dimasa pandemi Covid-19. Bahkan, ditengah kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dalam upaya mencegahan penularan virus corona, usaha budidaya tanaman hias tetap menjanjikan karena permintaan pasar yang stabil bahkan cenderung meningkat.

 

Direktur Rumpun Hijau Institute, Sunyoto mengatakan, untuk lebih meningkatkan minat serta pengenalan jenis-jenis tanaman hias pihaknya kerap menggelar kontes dengan melibatkan para petani tanaman hias yang berada di kawasan puncak dan sekitarnya. Dalam kontes ini, kata dia lagi, semua jenis tanaman bisa dilombakan tanpa melihat nilai harga asal memiliki keunikan.

 

” Semua jenis tanaman hias bisa ikut kontes asal lebih dari lima tanaman gak perlu berharga tinggi, yang menjadi penilaian adalah sisi perawatan, tata cara menata penampilan sehingga tampilannya menarik,” ujarnya disela-sela kegiatan kontes pada Selasa (23/02/2021) di Wisma Bu Kris Desa Citeko, Kecamatan Cisarua.

 

Menurut dia, tanaman hias terbukti masih menjadi salah satu bidang usaha yang tidak terpengaruh di masa pandemi Corona ini. Hal ini terlihat, dari animo para pecinta tanaman hias dalam acara kontes dan bursa yang digelar.

 

” Tidak kurang 100 peserta langsung memesan tiket dalam 4 hari kami umumkan. Kami masih membatasi maksimal 100 peserta, nanti bulan April baru kita tingkatkan,” tambahnya.

 

Di tempat yang sama, Novi (32) salah satu peserta dari Kota Bogor mengaku sangat mengapresiasi kontes tanaman hias yang digelar Rumpun Hijau Intitute karena dapat diikuti oleh petani tananam berskala kecil tanpa menghilangkan unsur penilaian yakni perawatan dan penampilan tanaman hias.

 

” Ini sangat bagus, meskipun ada beberapa tanaman hias yang dikonteskan tidak berharga tinggi tapi tetap menarik dan unik,” singkat pemilik Cinta Flora Nursery itu. (wan/suf)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *