Soal SMP Kreativa, Dewan : Bangun Dunia Pendidikan Jangan Kangkangi Aturan Dong..

by -162 views
SMP Kreativa Bogor yang masih disoal karena belum kantongi izin tapi sudah membangun. (FOTO : Varel-Magang/Metropolitan)

METROPOLITAN.id – Kasus pembangunan aula di SMP Kreativa Bogor, Kecamatan Tanahsareal, yang melakukan pembangunan tanpa mengantongi Izin Mendirikan Bangunan (IMB), rupanya mendapatkan sorotan tajam dari Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bogor.

Anggota DPRD Kota Bogor dari Fraksi PPP Akhmad Saeful Bakhri menilai bahwa apa yang sudah dilakukan oleh SMP Kreativa mencoreng nama baik dunia pendidikan. Sebab dengan dilakukannya pembangunan sebelum terbit perizinan, seakan-akan mengangkangi peraturan yang ada di Kota Bogor.

“Prinsip bangun dulu, urus izin belakangan itu jangan sampai diterapkan di dunia pendidikan. Ini kan sama saja dengan mengangkangi peraturan di Kota Bogor,” kata pria yang akrab disapa ASB ini, Rabu (24/2).

Baca Juga  Ini Ruas Jalan yang Akan Ditutup Jika Locdown Kota Bogor Diterapkan
Anggota DPRD Kota Bogor Akhmad Saeful Bakhri

Lebih lanjut, ASB mengatakan bahwa peran serta membantu mengembangkan dunia pendidikan di Kota Bogor pun jangan dijadikan dalih pembiaran, yang berujung menjadi pembenaran atas keslahan yang dilakukan.

Untuk itu, pria yang duduk sebagai anggota Komisi IV DPRD Kota Bogor itu pun meminta kepada aparat pemerintahan dalam hal ini Satpol PP, tidak tebang pilih dalam memberikan penindakan.

“Pemerintah pun diharapkan dalam penegakan aturan jangan tebang pilih. Kita juga mengingatkan kepada yayasan pendidikan, jangan dalih diatas dijadikan alasan untuk mendapat kemudahan perizinan. Tapi pelaksanaannya, pendidikan dijadikan industri usaha,” tegas ASB.

Sebab berdasarkan laporan yang ASB terima, masih banyak masyarakat yang justru tidak terbantu dengan adanya sekolah swasta. Mulai dari tingginya biaya sekolah, hingga terjadinya kasus penahanan ijazah.

Baca Juga  Pokwan DPRD Kota Bogor Luncurkan Podcast SOWAN

“Saya berharap, yayasan pendidikan lebih melahirkan upaya solutif dibidang pendidikan dalam mencerdaskan anak bangsa bukan malah menjadi industri komersil baru ditengah pendemi saat ini,” tutup ASB.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bogor, Fahrudin berharap semua sekolah yang ada di Kota Bogor harus memiliki IMB. Sebab sekolah tidak akan memberikan manfaat kalau tidak mengantongi izin.

“Jangan sampai niat baik menjadi buruk. Seperti orang mahir bawa mobil tapi belum mengantongi SIM, kan tetap saja salah,” ujarnya.

Terpisah, Manajer Humas SMP Kreativa, Suci Apriani, mengaku pihaknya sudah mengantongi IMB untuk pembangunan aula.

“Alhamdulillah IMB sudah terbit,” ujar Suci.

Hal itu pun dibenarkan oleh Kabid Izin Pemanfaatan Ruang pada DPMPTSP Kota Bogor, Naufal Isnaeni.

Baca Juga  Datang Bersama Wanita, Pria Tanpa Busana Tewas di Kamar Hotel Bogor

“Iya sudah keluar IMB nya,” pungkasnya.(dil/c/ryn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *