Tetap Banjir tapi 1×24 Jam Kering

by -

METROPOLITAN – Guber­nur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan, mendatangi wi­layah Kelurahan Rawabuaya, Cengkareng, Jakarta Barat, untuk mengecek kondisi penanganan pascabanjir, ke­marin. Anies ditemani Wakil Gubernur DKI, Ahmad Riza Patria.

Anies mengawali peninjau­annya dengan mengunjungi Posko Pengungsian, RT 02/01 yang tampak sepi karena warga sudah kembali ke ru­mahnya. Ia selanjutnya menge­cek penyedotan air oleh pompa yang mengalirkannya dari Rawabuaya kembali ke Kali Mookervart.

”Saya dan Pak Wagub menin­jau kondisi di RT 02/01 Kelu­rahan Rawabuaya yang ke­marin menerima limpahan air dari Kali Mookevart. Be­gitu Kali Mookevartnya kem­bali normal, lalu dilakukan pemompaan secara masif,” kata Anies.

Anies menjelaskan, Pemprov DKI melalui Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Ba­rat mengerahkan 24 pompa untuk menyedot genangan di wilayah Rawabuaya dan me­nyalurkan kembali ke Kali Mookervart. Dengan demikian, kondisi genangan sudah surut dan warga bisa beraktivitas seperti semula pada Senin pagi.

Anies pun mengapresiasi kinerja petugas dalam penanganan banjir. Instruksi untuk segera mengeringkan jika terjadi genangan ditinda­klanjuti secara cepat dan tepat oleh petugas.

Baca Juga  Panlih Terbentuk, DKI Jakarta segera Punya Wagub

”Saya sampaikan terima kasih kepada petugas dan Pak RT, Pak RW, mereka tidak tampak di depan kamera dan mereka bekerja siang malam memastikan tempat ini surut seperti yang disampaikan Pak RW tadi. Biasanya 5 hari baru surut, kali ini kurang dari 24 jam semuanya surut,” lanjut­nya.

Sementara itu, Ketua RW 01 Rawabuaya, Arif M Sahri, mengapresiasi kinerja jajaran Pemprov DKI Jakarta yang sigap mengalirkan air kem­bali ke Kali Mookervart. Dengan cara itu, genangan banjir di Rawabuaya bisa ce­pat surut dan membuat war­ga kembali beraktivitas.

”Alhamdulillah, penanga­nan tahun ini luar biasa. Pemerintah sigap dengan bapak gubernur, wali kota dan ASN lainnya luar biasa, yang tadinya Rawabuaya itu keringnya antara 4-5 hari, sekarang 1×24 jam kering,” tuturnya. (wrt/els/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *