Tingkatkan Kualitas Intelektual Kader, Puluhan Anggota PMII Kota Bogor Digojlok

by -

Untuk meningkatkan wacana intelektual, kesadaran nalar kritis dan nilai tradisionalis di kalangan mahasiswa, puluhan aktivis yang tergabung dalam Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) cabang Kota Bogor menghelat Pelatihan Kader Dasar (PKD) di Vila Cidokom, Kecamatan Rumpin, Jumat (19/2) hingga Senin (22/2).

ACARA yang diprakarsai PMII cabang Kota Bogor itu diikuti puluhan mahasiswa se-Bogor Raya. Acara yang berlangsung empat hari itu diisi beragam materi yang tidak didapatkan mahasiswa selama di bangku perkuliahan demi memberikan pemaha­man tentang wawasan keisla­man, sosial hingga kemasy­arakatan.

Selain diisi beragam materi yang bersifat nonakademik, acara PKD juga diwarnai ramah tamah dan silaturahmi an­tarpengurus, alumni dan keluarga besar PMII Kota Bogor yang membuat nu­ansa kekeluargaan dan ke­bersamaan jelas terasa dalam kegiatan tahunan tersebut.

Baca Juga  Jadi Drummer dan Penyanyi Profesional sejak Kecil

Ketua PMII cabang Kota Bogor, Muhammad Hamzah, mengatakan, selain ajang pembentukan karakter ang­gotanya, kegiatan yang men­gusung tema ’Kader Berkua­litas Melalui Literasi Digital’ itu digunakan sebagai sarana memberikan pemahaman terhadap mahasiswa tentang hakikatnya sebagai pengawal kebijakan, sekaligus men­anamkan nilai ahlus sunnah wal jama’ah yang semakin hari semakin memudar di kalangan mahasiswa.

”Kegiatan ini memang salah satu agenda rutin. Selain se­bagai ajang membentuk kua­litas kader, kegiatan ini juga sebagai bentuk menjaga nilai tradisi Islam Nusantara yang saat ini mulai hilang di makan zaman,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua Pelaks­ana PKD 2021, Akbar, men­gungkapkan, kegiatan PKD merupakan bentuk kaderi­sasi yang dilakukan PMII setiap tahunnya. Selain ajang pembentukan karakter dan mental mahasiswa, kegiatan tersebut sekaligus sebagai ajang mencetak mahasiswa berkualitas yang tidak hanya pintar secara akademik, me­lainkan pintar dalam segala disiplin ilmu.

Baca Juga  Aktivis Bogor Minta Wali Kota Tindak Tegas FMB

”Materi yang kami berikan bersifat variatif di berbagai disiplin ilmu agar mahasiswa mendapat pengetahuan yang tidak mereka dapatkan di bangku perkuliahan,” ung­kapnya.

Di tempat lain, Majelis Pembina cabang PMII Kota Bogor, Ibnu Hasani, men­jelaskan, selain menanamkan nilai kritis dan intelektual, PMII juga ikut berperan da­lam menanamkan nilai tra­disi Islam Nusantara yang sarat budaya asli Indonesia. Tahlilan, manakib, ziarah kubur, barzanji dan diskusi merupakan beberapa pro­gram yang rutin dilakukan PMII Kota Bogor setiap ming­gunya.

”Semoga kegiatan ini bisa bermanfaat bagi semuanya. Terlebih mahasiswa baru yang rawan menjadi sasaran Islam Radikal,” pungkasnya. (ogi/b/mam/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *