Usai ’Dikadalin’ PPK, Komisi III Semprot Dispora

by -
Anggota Komisi III DPRD Kabupaten Bogor saat melakukan sidak proyek rehabilitasi Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Selasa (16/2). Proyek senilai Rp14 miliar lebih ini mangkar untuk kedua kalinya setelah diberi perpanjangan waktu hingga 9 Februari 2021. (Foto: Fadli/Metropolitan)

METROPOLITAN – Molor­nya proses rehabilitasi Sta­dion Pakansari berujung pada pemanggilan jajaran Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Bogor oleh Komisi IV dan Komisi III DPRD Kabupaten Bogor.

Pemanggilan tersebut untuk mencari tahu alasan molornya rehabilitasi stadion yang me­nelan anggaran Rp14,4 miliar dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Bogor 2020 itu.

Wakil Ketua DPRD Kabupa­ten Bogor, Wawan Haikal Kurdi, mengatakan, keter­lambatan rehabilitasi stadion merupakan gambaran dari ketidaksiapan dinas dalam melakukan pekerjaan. ”Hal yang tidak masuk akal jika pengerjaan rehabilitasi men­galami keterlambatan. Masa sih pemeliharaan saja harus jadi luncuran dan tidak sele­sai. Berarti kan tidak matang persiapannya,” katanya, Se­lasa (23/2).

Baca Juga  Komisi III Bantu Percepat Bangun Jalur Tambang

Wawan menilai pekerjaan rehabilitasi merupakan peker­jaan yang tidak begitu sulit. Sebab, rehabilitasi bersifat per­baikan dan bukan pembangu­nan. ”Kalau pembangunan jadi luncuran wajar, karena kan membangun itu dari nol, apa­lagi 2020 Covid-19 sedang tinggi. Kalau pemeliharaan terlambat, sudah kacau nama­nya,” paparnya.

Sementara itu, Ketua Ko­misi III DPRD Kabupaten Bogor, Sastra Winara, menga­ku geram dengan keterlam­batan proyek rehabilitasi Stadion Pakansari tersebut.

Menurutnya, Dispora Ka­bupaten Bogor selaku peng­guna anggaran terlalu banyak beralasan tanpa bisa mem­berikan bukti konkret dan penjelasan yang masuk tentang keterlambatan ini. ”Alasannya barang yang digunakan dari China, laut China sedang beku jadi terhambat. Tapi saat kami minta bukti, mereka tidak bisa memberikan buk­tinya. Terlalu banyak alasan,” terangnya.

Baca Juga  Komisi III Sidak ke Jembatan Cijujung

Saat ini, sambung dia, Ko­misi III DPRD Kabupaten Bogor sedang menyusun re­komendasi sanksi yang nanti­nya bakal diberikan kepada Pemkab Bogor sebagai catatan untuk pekerjaan tersebut. ”Kami akan susun rekomen­dasi agar penyedia jasa di-black list dan tidak boleh ikut lelang di Kabupaten Bogor dua tahun ke depan. Intinya, kalau ada keterlambatan seperti ini, semua pihak harus tegas mem­berikan sanksi,” kecamnya.

Sementara itu, Kepala Dis­pora Kabupaten Bogor, Bambang Setiawan, menuturkan, keda­tangannya ke DPRD Kabupaten Bogor sebatas rapat koordi­nasi semata. ”Hanya rapat kerja evaluasi,” katanya.

Saat disinggung soal proyek rehabilitasi Stadion Pakan­sari, Bambang enggan berko­mentar banyak. ”Intinya, tadi kami dapat masukan dari DPRD Kabupaten Bogor agar kejadian ini jangan sampai terulang. Itu saja intinya,” singkatnya sambil pergi mengendarai mobil dinasnya seraya menghindari awak media. (ogi/c/mam/py)

Baca Juga  Kelurahan Pasirkuda Fokus Perbaiki Jalan Setapak

Leave a Reply

Your email address will not be published.