10 Cara TP PKK Semplak Wujudkan Kesejahteraan Keluarga

by -74 views

METROPOLITAN – Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kelurahan Semplak, Kecamatan Bogor Barat, me­miliki sepuluh cara untuk mewujudkan kesejahteraan di masyarakat, khususnya keluarga. Sepuluh cara yang berbentuk program itu dini­lai berperan penting dalam mendorong tercapainya tar­get tersebut.

Seperti yang diungkapkan Sekretaris TP PKK Semplak, Sri Harnina. Menurutnya, sejauh ini TP PKK Semplak sudah ikut andil dalam me­ningkatkan kualitas kehidupan keluarga dan masyarakat di wilayah-wilayahnya. Apalagi berbagai program yang dija­lankan selama ini sudah ber­jalan baik dan lancar, serta bersinergi dalam menjalankan seluruh program kerja PKK.

”Sebagaimana kita ketahui, kader PKK merupakan ujung tombak implementasi program PKK, sehingga pemberdaya­an kader PKK akan sangat menentukan keberhasilan seluruh program-program gerakan PKK,” katanya.

Baca Juga  Tiga Ketua PKK di Cijeruk Dilantik Serentak

Untuk mencapai target itu, jelasnya, TP PKK Semplak memiliki sepuluh program pokok yang dijalankan. Di antaranya penghayatan dan pengamalan Pancasila, gotong royong, sandang, pangan, perumahan tata laksana rumah tangga, pendidikan dan ke­terampilan, kesehatan, peng­embangan kehidupan berko­perasi, kelestarian lingkungan hidup, serta perencanaan sehat.

Kesepuluh program ini me­miliki sasaran keluarga seba­gai unit terkecil dalam masy­arakat untuk mewujudkan keluarga sejahtera yang sela­lu hidup dalam suasana damai, aman, tertib, tenteram, mak­mur, dan sejahtera.

”Yang bertugas menjalankan program itu diberi nama pokja. Ada empat pokja. Ma­sing-masing pokja memiliki tugas, seperti Pokja 1 mem­bidangi penghayatan dan pengamalan Pancasila, kea­gaaman. Pokja 2 membidangi pendidikan dan keterampilan. Pokja 3 membidangi pangan dan sandang. Pokja 4 mem­bidangi kesehatan,” jelasnya.

Baca Juga  PKK Ranggamekar Ajak Warga Tanam Jahe dan Ternak Lele

”Kita juga target PKK Semplak cakupannya lebih luas lagi dari sepuluh program yang sudah ada. Sementara sepu­luh program yang sudah ada diharapkan bisa optimal dan menunjang keluarga sejah­tera,” tandasnya. (cr1/c/rez/ run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *