Alhamdulillah, 60 RTLH Dapat Bantuan Pemprov Jabar

by -

METROPOLITAN –Tiga desa di Kecamatan Nanggung mendapatkan bantuan Pro­gram RTLH di Provinsi Jawa Barat. Dari tiga desa ada 60 unit Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di Kecamatan Nanggung yang sebentar lagi akan dibangun.

Staf Ekonomi dan Pembangu­nan (Ekbang) Kecamatan Nanggung, Engkus, menga­takan, tahun ini ada tiga desa yang mendapat bantuan pro­gram rehab rumah dari Jabar. Di antaranya Desa Pangkaljaya, Parakanmuncang dan Desa Kalongliud. “Pengajuan ke­seluruhan lebih dari 200. Tapi yang disetujui per desa hanya 20 unit rumah,” terang Engkus saat sosialisasi di Desa Kalongliud yang diha­diri calon penerima manfaat RTLH.

Engkus menyebutkan, me­kanisme pelaksanaan RTLH dari provinsi berbeda. Untuk pertanggungjawabannya se­bagai pengelola lebih ke LPM desa. Untuk mekanisme pen­dataan warga yang rumahnya tak layak huni didata melalui RT, RW kemudian diajukan ke pemerintah desa.

Baca Juga  Dewan Minta Tunda Alokasi Anggaran Bagi Kades Bermasalah

“Kami harus memprioritas­kan yang paling membutuh­kan dan harus segera di­bangun. Karena dananya terbatas, maka sejumlah penerima manfaat bersepakat melakukan swadaya,” ujarnya.

Sementara itu, pendamping RTLH dari Provinsi Jawa Ba­rat, Rian, mengatakan, ang­garan RTLH besarannya satu rumah Rp17.500.000. “Dari Rp17.500.000, sebesar Rp700.000 untuk tukang. Se­dangkan Rp300.000 untuk administrasi LPM. Sesuai ketentuan, selebihnya untuk pembelian bahan material,” katanya.

Menurut Rian, sosialisasi ini penting dilakukan untuk mem­berikan pemahaman bagi penerima manfaat tentang sistem dan mekanisme sebe­lum RTLH dimulai. “Meng­ingat anggaran yang ada tidak akan cukup, maka harus ada swadaya,” tuturnya.

Dalam pelaksanaannya, warga diharapkan bisa mengik­uti aturan yang sudah diten­tukan. “Swadaya harus ada. Kalau tidak ada swadaya, kita tidak bisa membantu,” pungkasnya. (ads/b/feb/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published.