Baju Bambu Asal Bogor Siap Go Public

by -130 views

METROPOLI­TAN – Bambu umumnya di­gunakan sebagai bahan baku indu­stri kriya atau pembuatan alat musik tradisional. Namun siapa sangka, bambu bisa dibuat men­jadi baju yang sangat me­narik untuk dipakai.

Sekumpulan orang yang menyukai kesenian yang biasa dipanggil Ras Teater berkolaborasi dengan Padepokan Wayang Bambu merancang baju yang terbuat dari bambu yang di­kenakan calon Putri Pariwi­sata Kota Bogor.

Rizky Ras Teater selaku pe­rancang baju bambu menje­laskan awal pembuatan bambu yang diawali dengan filosopi bambu serta banya­knya pesanan baju bambu sendiri. ”Untuk pembuatan bam­bu sesuai riset membutuhkan waktu satu minggu,” katanya.

Desain baju bambu sen­diri terinspirasi dari berba­gai macam ciri khas di Kota Bogor, terutama Jawa Barat. Bambu yang digunakan pun jenis bambu tali yang ba­nyak ditemukan di sekeliling rumah.

Sementara itu, Ketua Pad­epokan Wayang Bambu Ki Dalang mendukung penuh pembuatan baju bambu agar bisa terus melestarikan bu­daya lokal khususnya budaya dan potensi di Bogor. ”Baju bambu tersebut kini telah digunakan untuk putra-putri pariwisata Jawa Barat di ajang pariwisata nasional,” paparnya.

Tak hanya itu, Ki Dalang juga berharap kearifan lokal baju bambu ini bisa mengang­kat seni budaya Kota Bogor yang dapat memperbanyak serta memperkaya khasanah budaya Jawa Barat. (rex/mam/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *