Bangkitkan Gairah UMKM, Kota Bogor Dukung JaFest 2021

by -

METROPOLITAN.id – Ikatan alumni empat universitas ternama di Jawa Barat bersama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menggelar soft opening Jabar Cultuter dan Tourism Festival (JaFest) 2021 di Balai Kota Bogor, Sabtu (20/3).

Kerjasama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat yang bertujuan untuk mengembalikan gairah ekonomi saat pandemi. Grand Opening JaFest sendiri berlangsung hari ini (21/3) di Gedung Sate, Kota Bandung.

“Pandemi ini sudah setahun lebih, ekonomi terpuruk dan yang lebih terkena dampaknya itu adalah UMKM,” kata Ketua Ikatan Alumni Universitas Padjajaran (IKA Unpad) Irawati Hermawan.

Ia mengajak para pelaku UMKM untuk berpartisipasi dalam even ini. Indonesia memiliki banyak kebudayaan dan pariwisata yang diharapkan pemulihan ekonomi didukung dengan kekuatan budaya, pariwisata serta ekonomi kreatif.

Baca Juga  Sudah 30 Warga Kota Bogor Pasien Covid-19 Diisolasi di BNN Lido

“Kami mengundang pelaku UMKM, ekonomi kreatif sektor wisata untuk bergabung menampilkan produk mereka diperdagangkan Expo JavFest. Mudah-mudahan pandemi ini segera berakhir, kita ingin ekonomi bangkit dari pelaku UMKM,” ungkapnya.

Sebagai salah satu daerah di Jawa Barat yang mendukung JaFest 2021, Wali Kota Bogor Bima Arya mengaku even ini merupakan langkah nyata kolaborasi dari berbagai pihak untuk memulihkan sektor ekonomi.

“Ini wujud kongkret dari kolaborasi. Saya selalu bilang saat ini semua tidak bisa sendiri dan ini contohnya. Empat kampus besar disini hadir ketua alumninya,semua melakukan gerakan yang nyata untuk menggalang program-program yang ujungnya untuk pemulihan ekonomi,” papar Bima.

Menurutnya, Kota Bogor akan mendukung penuh dan memaksimalkan potensi yang ada untuk membantu memulihkan ekonomi, khususnya di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Disesuaikan dengan program lainnya di Kota Bogor.

Baca Juga  Blok A Pasar Kebonkembang Nyaris Ditinggal Pedagang

“Kota Bogor sendiri kita ingin sinkronkan dengan kegiatan atau program kita dan tentunya jaringan alumni yang dahsyat ini targetnya kesana. Ini bentuk nyata sinergi, kolaborasi para alumni yang tersebar. Pentahelix nya itu ada disini, alumni ini kan ada pemerintah, usaha, ada media, ada yang menggalang komunitas jadi ini sinergi yang dahysat,” ungkapnya.

Hadir secara virtual, Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf) Angela Tanoesoedibjo sangat mendukung JaFest 2021, upaya pemulihan ekonomi ekonomi dibalut kearifan lokal.

Pengembangan pariwisata, kata dia, merupakan cara untuk menarik demand peengembangan ekonomi kreatif seperti kuliner, fashion dan kriya. Demi menarik wisatawan.

Senada, Ketua Dekranasda Jawa Barat Atalia Kamil menuturkan, JaFest 2021 adalah pemulihan ekonomi melalui revitalisasi sumber daya dan kreatifitas industri lokal yang berdaya saing tinggi di tingkat nasional maupun internasional untuk mewujudkan Jawa Barat Juara.

Baca Juga  Suka Setop Kendaraan, Rojali Kena Razia

“Didukung pemerintah pusat, provinsi dan seluruh kota kabupaten di Jawa Barat serta organisasi mitra JaFes mulai 21 Maret sampai 21 April dengan lokus Kota bandung, Kota Bogor, Cirebon, Depok dan Garut. Didukung dari 27 kota dan kabupaten di Jawa Barat kita harap ini ajang pemulihan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, seni budaya, dan UMKM,” tutup Atalia. (cr1/b/ryn)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.