Begini Cara Dapat Kuota Gratis Kemendikbud

by -95 views

METROPOLITAN – Kemen­terian Pendidikan dan Ke­budayaan (Kemendikbud) memberikan cara mempe­roleh bantuan kuota gratis bagi peserta dan tenaga pendidik. Bantuan ini akan diberikan selama tiga bulan, yakni periode Maret-Mei 2021.

Menurut Mendikbud Na­diem Makarim, bagi yang belum pernah menerima kuota gratis dan nomornya berubah, maka ada beber­apa cara yang bisa dilakukan. ”Tapi bagi yang nomornya berubah dan belum pernah terima kuota gratis sebelum­nya, maka baru bisa mem­peroleh April 2021,” ujarnya.

Nadiem menyatakan, se­tidaknya ada dua cara yang bisa dilakukan. Pertama, calon penerima harus mel­apor kepada pimpinan sa­tuan pendidikan sebelum April 2021 agar bisa mem­peroleh bantuan kuota gra­tis. ”Jadi, siswa atau guru bisa melapor ke pimpinan sekolah maupun perguruan tinggi agar bisa merasakan kuota gratis dari pemerintah,” ujarnya.

Baca Juga  Ada Kuota Gratis Buat Siswa, Disdik diminta Aktif

Kedua, pimpinan atau operator sekolah dan per­guruan tinggi harus men­gunggah SPTJM untuk nomor yang berubah atau nomor baru yang akan memperoleh kuota gratis. Halaman ung­gahnya di http://vervalpon­sel.data.kemdikbud.go.id (untuk sekolah) atau http:// pddikti.kemdikbud.go.id (untuk perguruan tinggi).

Demi memperoleh ban­tuan kuota gratis, maka ada syarat yang harus dipenuhi. Bagi Siswa Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan jenjang pendidikan dasar menengah, yakni harus terdaftar di ap­likasi Dapodik dan memi­liki nomor ponsel aktif atas nama siswa, orang tua, ang­gota keluarga atau wali.

Untuk guru PAUD dan jen­jang pendidikan dasar dan menengah, yakni harus ter­daftar di aplikasi Dapodik dan memiliki nomor ponsel yang aktif. Sedangkan untuk mahasiswa harus terdaftar di PDDikti, berstatus aktif dalam perkuliahan atau se­dang menuntaskan gelar ganda, memiliki kartu ren­cana studi pada semester berjalan dan memiliki nomor ponsel aktif.

Baca Juga  Awal September, Kuota Gratis 35 GB Khusus Siswa Dibagikan

Adapun untuk dosen harus terdaftar di aplikasi PD­Dikti dan berstatus aktif, memiliki nomor registrasi dan memiliki nomor ponsel aktif.(kom/rez/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *