Cipendawa Jadi Percontohan Desa Bersih Narkoba

by -

Kabupaten Cianjur dijadikan proyek percontohan program Desa Bersinar atau desa bersih narkoba. Desa Bersinar yang dijadikan percontohan adalah Desa Cipendawa di Kecamatan Pacet.

MENTERI Desa, Pembangu­nan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT), Abdul Halim Iskandar, mengatakan, mewujudkan desa bersih dari narkoba harus melibatkan se­mua pihak dan berbagai hal, termasuk pemanfaatan dana desa.

“Bicara tentang desa bersih dari narkoba menjadi tanggung jawab kita semua, mulai pe­merintah, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat, dan masyarakat sendiri,” kata Abdul.

Menurut Abdul, program Desa Bersinar yang diawali dari Cianjur ini selanjutnya akan dikembangkan di daerah lain agar seluruh desa memi­liki daya tahan dan daya tang­kal terhadap peredaran nar­koba di wilayahnya masing-masing. “Urusan narkoba ini sangat rumit dan berkesinam­bungan. Semakin hari bukan semakin ringan tantangan yang dihadapi, namun semakin be­rat,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN), Petrus Reinhard Golose, men­gatakan, BNN mencanangkan program war on drugs menu­ju Indonesia bersih dari nar­koba. “Bagaimana untuk mewujudkan Indonesia Bersinar, kita mulai dari desa. Desa ber­gerak, Indonesa bersih nar­koba,” kata Petrus.

Petrus mengucapkan terima kasih kepada Kemendes PDTT dan Pemkab Cianjur yang men­dukung dan membantu program ini, sehingga kawasan desa diharapkan terbebas dari nar­koba.

“Permasalahan nasional salah satunya adalah narkotika, ka­rena dampaknya dan juga ba­nyaknya bahan atau zat yang baru atau biasa disebut new psychoactive substances, ter­masuk tingkat prevalensi yang naik dalam dua tahun terakhir ini,” kata Petrus. (kps/els/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *