Desa Mekarsari Raih Penghargaan Teladan Penanganan Covid-19

by -83 views

Desa Mekarsari, Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor, terpilih sebagai desa teladan dalam penanganan Covid-19. Hal itu berdasarkan hasil penilaian yang mengacu pada kriteria penilaian sesuai Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 03 Tahun 2021.

SATUAN Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Keca­matan Rumpin sebelumnya sudah mengusulkan Desa Mekarsari untuk mendapatkan penghargaan teladan dalam penanganan Covid-19.

Kepala Desa Mekarsari Hend­rik mengatakan, sejak ada PSBB tahap pertama hingga PPKM Mikro, pihaknya sudah melakukan upaya pencegahan dengan menerapkan langkah 3M di tiap RT dan RW.

”Kami juga terus menyosia­lisasikan penyebaran pan­demi Covid-19 di masyarakat,” kata Hendrik saat ditemui Metropolitan, kemarin.

Pihaknya juga tidak sendiri dalam pencegahan Covid-19, tetapi melibatkan unsur ba­binsa, bhabinkamtibmas, bidan desa, dan lapisan ma­syarakat di wilayah Desa Me­karsari.

Baca Juga  Sudah 30 Warga Kota Bogor Pasien Covid-19 Diisolasi di BNN Lido

“Kami tetap rutin melakukan penyemprotan disinfektan dan Operasi Yustisi secara mikro dengan menggandeng bha­binkamtibmas dan babinsa,” beber Hendrik.

Hendrik mengaku atas ke­kompakan semua pihak ter­wujud Kampung Tangguh yang berlokasi di Kampung Tarogong.

Sementara itu, Ketua Gugus Tugas yang juga Camat Rum­pin, Rusliandy, mengaku kri­teria penilaian secara umum adalah yang paling aktif dalam melakukan upaya sosialiasi, upaya testing, tracking, dan treatment. ”Selain itu, keak­tifan dalam giat penanganan Covid-19 karena adanya kam­pung tangguh,” katanya.

Bhabinkamtibmas Desa Me­karsari Aiptu Ateng Nasuta mengaku rutin menggelar Operasi Yustisi PPKM Mikro. Seperti yang dilakukan di Jalan Lapan, Desa Mekarsari, dengan melibatkan 24 personel Satgas Covid-19.

”Ada seratus pelanggar PPKM yang terjaring, sebagian be­sarnya adalah warga luar desa yang melintas. Dan jenis pe­langgaran terbanyak tidak memakai masker. Mereka kami beri sanksi menyanyikan lagu nasional dan membaca teks Pancasila,” pungkasnya. (mul/sir/c/els/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *