Kemenag Gojlok Pustakawan dan Laboran

by -127 views

Transformasi layanan pendidikan madrasah yang tengah dilakukan Kementerian Agama (Kemenag) memerlukan kontribusi dari seluruh pihak. Tak terkecuali pustakawan dan laboran madrasah.

UNTUK meningkatkan ke­terlibatan pustakawan dan laboran dalam proses trans­formasi layanan pendidikan madrasah, Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Madrasah menyeleng­garakan Peningkatan Kom­petensi Pustakawan dan La­boran Master. Kegiatan yang diikuti 30 peserta ini berlangs­ung tiga hari sejak Selasa hingga Kamis (2-4/3) di Bogor.

”Dalam konteks transfer pengetahuan, perpustakaan dapat dikategorikan dalam Library Based Education. Da­lam hal ini pustakawan me­miliki peran sentral dalam proses digitalisasi perpusta­kaan, sehingga dapat terwu­jud sharing knowledge,” kata Direktur GTK Madrasah, Mu­hammad Zain, Selasa (2/3).

Zain mencontohkan ketika melakukan kunjungan ke China, di negara tersebut ada sharing knowledge antarse­kolah yang maju dengan se­kolah sekitarnya. ”Jadi, seko­lah dapat dinikmati bersama. Hal itu dapat terjadi karena negara pro terhadap know­ledge dan science,” tuturnya.

Sementara itu, Kasubbag Tata Usaha Direktorat GTK, Papay Supriatna, menyam­paikan bahwa kegiatan ini akan dilaksanakan ber­kesinambungan. Untuk Pe­ningkatan Kompetensi Pus­takawan dan Laboran Master Angkatan 1 ini diikuti guru atau kepala perpustakaan sekitar DKI Jakarta, Banten dan Jawa Barat.

Baca Juga  Kemenag Kumpulkan Pejabat Ditjen Pendis

”Output-nya diharapkan bisa menghasilkan interko­neksi jaringan perpustakaan antarmadrasah berbasis di­gital di bawah Kementerian Agama,” ungkap Papay.

Selain itu, ia juga menyam­paikan, kegiatan ini digelar dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes) ketat. ”Pe­serta diharuskan membawa laptop sendiri, menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun atau hand sa­nitizer serta tetap menjaga jarak (physical distancing) selama kegiatan berlangsung,” tutur Papay. (*/rez/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *