Kreativitas dan Inovasi TP PKK Curug, Sukseskan Program lewat Budaya Tertib

by -90 views

METROPOLITAN – Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kelurahan Curug, Ke­camatan Bogor Barat, meng­gunakan budaya tertib demi menyukseskan sepuluh pro­gram unggulan PKK. Budaya tertib dinilai dapat menjadi pondasi untuk kemajuan or­ganisasi PKK. Hal itu seperti yang dikemukakan Ketua TP PKK Curug Leny Heryati.

Menurutnya, dengan ad­ministrasi yang tertib dan sesuai ketentuan yang ber­laku, dapat berfungsi sebagai bahan evaluasi dan laporan bagi TP PKK Curug. ”Ino­vasi dan kreativitas dari kader PKK sangat diharapkan demi kemajuan organisasi PKK, baik di tingkat kota hingga provinsi,” katanya.

Di samping itu, ia juga men­jelaskan bahwa tertib dalam pelaporan, pendataan, dan pengarsipan laporan harus dilakukan rutin. Sebab, hal tersebut sebagai bahan untuk mengetahui perkembangan program dan kegiatan yang telah dilaksanakan.

Baca Juga  Tiap Minggu Keempat Gelar Ngaji Bareng Warga

Karena itu, jelasnya, setiap pokja diberi pembinaan ad­ministrasi mengenai sepuluh program pokok PKK. Di an­taranya Pokja 1 sebagai sara­na kegiatan program peng­hayatan dan pengamalan Pancasila, gotong royong, dan keagamaan.

“Lalu Pokja 2 pendidikan dan keterampilan, peng­embangan kehidupan kope­rasi. Pokja 3 pangan, sandang, perumahan tata laksana ru­mah tangga. Terakhir, Pokja 4 kesehatan dan kelestarian lingkungan hidup, peren­caan sehat,” jelasnya.

Sedangkan, tambahnya, pendataan khususnya dalam pengisian data PKK harus tetap akurat dan relatif baru. Yakni dapat diambil dari sumber data yang dapat di­percaya.

”Kami PKK Kelurahan Curug mengaplikasikan tertib ad­ministrasi PKK melalui IT (Informasi Teknologi) demi kelancaran penyampaian data PKK. Jadi betapa pen­tingnya tertib administrasi dalam suatu organisasi,” tan­dasnya. (cr1/c/rez/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *