Mendikbud: Gunakan Dana BOS

by -694 views

METROPOLITAN – Men­dikbud, Nadiem Makarim, menuturkan, apabila kuota gratis bagi pelajar dan pen­didik dirasa belum cukup, mereka bisa memanfaatkan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS). Sebab, ban­tuan tersebut dapat dialoka­sikan untuk pembelian kuo­ta. “Bagi sekolah-sekolah yang membutuhkan tambahan biaya kuota, ya mereka bisa menggunakan dana BOS,” katanya dalam telekonfe­rensi pers, Senin (1/3).

Menurutnya, dana BOS ta­hun ini dapat digunakan secara fleksibel sesuai kebu­tuhan masing-masing seko­lah. “Penyaluran dana BOS ini, pembelanjaannya dapat disesuaikan kebutuhan ma­sing-masing sekolah. Itulah kenapa kita memberikan fleksibilitas,” tambahnya.

Dana BOS ini, sambung Mendikbud, dapat mem­bantu warga pendidikan yang membutuhan dana untuk operasional sekolah. Mulai dari honor guru honorer, membeli barang persiapan tatap muka hingga kuota.

Baca Juga  Mendikbud: Semua Guru Honorer Bisa Ikut PPPK

Meski begitu, pihaknya mendorong agar dana BOS ini diarahkan untuk persiapan Pembelajaran Tatap Muka (PTM). “Di masa krisis ini kita harus memberikan fleksi­bilitas dan dukungan terbaik ke sekolah kita. Harapannya murid kita bisa lebih nyaman dan bisa melakukan tatap muka,” tuturnya.

Sekadar diketahui, Kemen­terian Pendidikan dan Ke­budayaan (Kemendikbud) kembali memulai program subsidi kuota data internet untuk siswa, guru, maha­siswa dan dosen. Data kuota internet dari 7GB sampai 12GB per bulan akan disalurkan hingga Mei 2021.

Bagi peserta didik Pendidi­kan Anak Usia Dini (PAUD) akan memperoleh volume kuota sebanyak 7GB per bu­lan. Lalu, peserta didik jenjang pendidikan dasar dan men­engah akan memperoleh kuota sebanyak 10GB per bulan. Sebelumnya menda­patkan 35GB per bulan.

Baca Juga  Komisi VIII Dukung Penghapusan Sekolah Favorit

Lalu untuk guru PAUD, jen­jang pendidikan dasar dan menengah akan memperoleh 12GB per bulan. Sebelumnya kuota yang diberikan sebesar 35 GB per bulan. Terakhir, untuk mahasiswa dan dosen akan memperoleh kuota se­banyak 15GB per bulan. Di mana pada 2020 kuota yang dialokasikan sebesar 50 GB per bulan.(jp/rez/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *