Nasabah Wajib Tukar Kartu Debit BNI Strip Magnetik

by -120 views

METROPOLITAN – PT BNI (Persero) Tbk menyampaikan bahwa penggunaan kartu debit strip magnetik (mag­netic stripe) akan segera di­hentikan dalam waktu dekat. BNI akan memblokir kartu debit nasabahnya yang masih menggunakan strip magne­tik per 1 Mei 2021.

Aturan tersebut bertujuan meningkatkan keamanan dan kenyamanan data nasabah dengan mengubahnya ke kartu berteknologi chip.

Sekretaris Perusahaan BNI Mucharom mengatakan, jika nasabah BNI masih meng­gunakan kartu debit jenis strip magnetik, baik yang masa berlakunya sudah berakhir atau yang akan jatuh tempo, maka diharuskan untuk se­gera melakukan penggantian kartunya paling lambat 30 April 2021.

“Ini dilakukan demi kea­manan nasabah dalam ber­transaksi menggunakan kartu,” ujarnya, Selasa (2/3).

Ia menjelaskan, penggan­tian kartu debit berbasis Magnetic Stripe menjadi Chip sesuai dengan ketentuan Bank Indonesia berdasarkan Surat Edaran Bank Indonesia No. 17/52/DKSP tanggal 30 De­sember 2015 tentang Imple­mentasi Standar Nasional Teknologi Chip dan Peng­gunaan Personal Identifica­tion Number pada Kartu ATM dan/atau Kartu Debit yang diterbitkan di Indonesia.

Baca Juga  Bni Paledang Bogor Manjakan Nasabah Wanita

Untuk keamanan dan ke­nyamanan bagi nasabah BNI dalam bertransaksi dengan menggunakan Kartu debit BNI, diharapkan untuk me­lihat tipe kartu ATM yang dimiliki masing-masing, Apa­kah sudah menggunakan BNI Debit Chip atau masih meng­gunakan yang jenis BNI De­bit Magnetic Stripe.

“Jika sampai dengan batas waktu tersebut belum dila­kukan penggantian kartu menjadi kartu BNI debit chip, maka BNI dapat melakukan penonaktifan kartu debit ter­sebut,” jelasnya.

Penggantian kartu debit magnetic stripe ini dapat dilakukan dengan mengun­jungi seluruh Kantor cabang BNI terdekat atau melalui BNI SONIC (Self Service Ope­ning Account) yaitu layanan cepat BNI, yang di antaranya untuk melakukan pembu­kaan rekening dan ganti kartu secara self service se­lama 24 jam tanpa dikenakan biaya.

Baca Juga  BNI Permudah Transaksi Mahasiswa di Belanda

“Untuk nasabah yang sudah melakukan pengganti kartu debit magnetic stripe men­jadi kartu debit chip dapat menikmati cash back atas transaksi pertama di kartu debit BNI chip baik trans­aksi e-commerce maupun transaksi melalui EDC di merchant/toko dan dapat menikmati berbagai program penawaran yang menarik di berbagai merchant,” pung­kasnya. (jp/feb/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *