Peresmian e-Tilang di Kota Depok, Pelanggar Sabuk Pengaman dan Pakai HP saat Berkendara

by -

Penerapan e-tilang elektronik atau Electronik Traffic Law Enforcement (e-TLE) di Kota Depok dimulai kemarin. Peresmian tilang elektronik ini dihadiri Waki Wali Kota Depok Imam Budi Hartono dan Kapolres Metro Depok Kombes Imran Edwin Siregar.

KAPOLRES Metro Depok, Kombes Imran Edwin Siregar, mengatakan, e-TLE adalah salah satu inovasi Satuan Lalu Lintas khusus dalam proses tilang dengan meng­gunakan cara elektronik. “Untuk jajaran Polda Metro Jaya penerapan kamera tilang elektronik atau e-TLE hanya ada dua di tingkat Polres. Yaitu Polres Depok dan Ka­bupaten Bekasi,” tuturnya.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Metro Depok, AKBP Andi M Indra Waspada, menu­turkan, untuk saat ini kame­ra e-TLE terpasang satu titik di Jalan Margonda. “Semen­tara ini di wilayah hukum Polres Metro Depok baru ada satu titik kamera, yaitu di JPO depan kantor wali kota,” ka­tanya.

Baca Juga  Dua Minggu, 4.007 Pelanggar

Andi menjelaskan, adapun target penindakan sasarannya adalah penggunaan sabuk pengaman dan larangan meng­gunakan ponsel saat berken­dara. “Pelanggarannya sendiri bertahap yaitu pertama pelanggaran penggunaan sabuk keselamatan dan meng­gunakan handphone saat berkendara. Namun dalam waktu dekat kita juga akan menyiapkan pelanggaran ti­dak menggunakan helm,” ujarnya.

Andi menyebutkan, pen­indakan terhadap pelanggar roda dua atau sepeda motor direncanakan berlaku dua pekan nanti. “Kurang lebih dua minggu ke depan apli­kasi berkaitan sistem tidak menggunakan helm bisa kita lakukan di e-TLE Polres Metro Depok,” katanya.

Andi mengaku e-TLE sudah beroperasi sejak kemarin dan sudah tahap proses peninda­kan. “Tapi untuk datanya sendiri masih saya himpun, nanti akan saya sampaikan kepada teman-teman media,” ujarnya.

Baca Juga  Bekasi Terapkan e-Tilang 17 Maret 2021

Ia menambahkan, rencana­nya dalam waktu dekat ada penambahan kamera e-TLE di sejumlah wilayah di Kota Depok. “Tahun ini penyam­paian dari pak wali kota di­harapkan akan ada penam­bahan tiga titik, yaitu di Jalan Juanda, kemudian di Cimang­gis dan Margonda khususnya di wilayah Pondok Cina yang akan kita lakukan pema­sangan,” katanya. (viv/rd/els/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published.