Ribut-ribut Soal Vaksin Haram, MUI: AstraZeneca Aman

by -

METROPOLITAN – Ketua MUI Kabupaten Bogor, KH Mukri Aji, memastikan vaksin AstraZeneca yang disebut mengandung unsur babi aman atau boleh di­gunakan. Pernyataan ini merespons polemik di masyarakat akan kehalalan vaksin buatan Inggris tersebut. “Sudah dite­liti, insyaAllah itu sudah tidak diragukan, aman digunakan,” kata Mukri Aji kepada Metropolitan, Rabu (24/3).

Meski disebut mengandung unsur, ia memastikan berdasarkan hukum agama diperbolehkan disuntikkan kepada umat muslim. Sebab, saat ini di tengah kondisi pandemi, penggunaan obat yang ditujukan untuk menyelamatkan nyawa lebih penting. “Karena dalam posisi kita memang dalam kesulitan, tidak ada soal dalam kaidah ushul fiqh,” jelasnya.

Bahkan, Mukri Aji menilai perlu disyukuri jika Indonesia masih bisa mendapatkan vaksin di tengah perebutan pembelian vaksin dengan negara lain. “Jadi kan ada beberapa sumber vaksin, karena kita juga sedang berebutan ini untuk sehat semua seluruh Indonesia ini. Dengan vaksin yang variatif itu kita berebut di tingkat dunia,” ungkapnya.

Baca Juga  Camat Ciseeng Targetkan Vaksin 1.500 Warga

Sebelumnya, MUI Pusat mengeluarkan fatwa mengenai vaksin AstraZeneca yang mengandung unsur karena memanfaatkan tripsin babi dalam proses pembuatannya. Namun, MUI tetap memperbolehkan vaksin AstraZeneca digunakan karena kondisi darurat.

Sementara AstraZeneca Indonesia menyebut vaksin tersebut tidak mengandung babi. Vaksin AstraZeneca diklaim dibuat menggunakan vaksin vektor virus yang tidak mengandung produk dari hewan. (dil/c/fin/mam/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *